test

Olahraga

Rabu, 2 September 2020 21:00 WIB

Jadi Atlet Terkaya Sejagat, Berapakah Gaji dan Kekayaan Lionel Messi?

Editor: Ferro Maulana

Lionel Messi. (Foto: PMJ/ Dok Net)

PMJ – Pecinta sepakbola dunia tengah dihebohkan setelah Lionel Messi berniat meninggalkan Barcelona. Kerja sama Messi dengan Barcelona berpotensi terputus pasca hampir 20 tahun.

Bahkan, pemilik enam Ballon d'Or tersebut sudah mengirimkan faksimili kepada La Braugna, yang meminta agar kontraknya diputus lebih awal dari yang mestinya baru akan berakhir pada 2021. Namun tahukah kamu berapa besaran gaji serta kekayaan Lionel Messi?

Menurut situs Football Leaks dari banyak dokumen yang dirilis ke publik yang diumumkan oleh peretas (hacker) asal Portugal Rui Pinto bahwa kekayaan bersih Messi sebesar 100 juta dolar AS (sudah dipotong pajak, red). Kini, Messi pun sudah menjadi atlet terkaya sejagat.

Untuk diketahui, kekayaan itu berasal dari gaji Messi sekitar 72 juta dolar AS pertahun, dan 12 juta dolar AS dari hak eksklusivitas Barcelona atas sang bintang.

Lionel Messi. (Foto: Dok Net)

Selain itu, juga bayaran 14 juta dolar AS untuk Messi dalam membantu Barca memenangkan Liga Champions (belum dibayarkan manajemen Barca sejak 2015, red) — serta bonus penampilan untuk bermain di lebih dari 60 persen pertandingan dan bonus untuk memenangkan treble ( Liga Champions, La Liga Spanyol, dan Piala Raja Spanyol/ Copa De Rei di musim yang sama).

Kemudian, juga ada bonus penandatanganan kontrak sekitar 160 juta dolar AS. Bonus itu sebenarnya terdiri dari dua bonus berbeda sebelumnya yaitu bonus 76 juta dolar AS untuk penandatanganan di awal dan kemudian tambahan 83.699.000 juta dolar AS sebagai "bonus loyalitas Messi".

Namun dalam bonus sepakbola, hal itu dimasukkan dalam kontrak — dimana durasi lima tahun — yang berarti bahwa Messi kemungkinan besar akan mendapatkan tambahan lagi 30 juta dolar AS per tahun.

Belum lagi tambahan lainnya berupa iklan, merchandise serta bonus lainnya. Ini merupakan angka yang sangat luar biasa bagi atlet profesional mana pun di dunia. Dan, kekayaan Messi hanya dapat ditandingi oleh beberapa atlet fenomenal lainnya seperti petinju Floyd Mayweather Jr, pegolf Tiger Woods, atlet football NFL Russell Wilson, atlet bisbol Mike Trout, dan lain-lain. Walaupun mereka semua masih di bawah Messi dalam hal kekayaan.

Sedangkan, di kancah sepakbola, gaji atau kekayaan Messi menempatkannya berada di peringkat pertama sebagai atlet sepakbola terkaya. Menurut Football Leaks hanya Neymar dan Ronaldo, yang mampu mendekati gaji atau kekayaan Messi. Selain itu, juga ada nama Paul Pogba dan Kylian Mbappe.

Seandainya saat ini Messi bergabung dengan Manchester City, manajemen City harus menyiapkan gaji fantastis kepada La Pulga. Bersama City, Messi akan dikontrak selama lima tahun.

Bila dihitung selama lima tahun itu, Messi bakal menerima 700 juta euro/632 juta poundsterling atau sekira Rp12,2 triliun. Hal itu berarti, tiap tahunnya Messi mampu meraup 124,6 juta poundsterling atau sekira Rp2,46 triliun. (GQ/ Standard/ Fer).

BERITA TERKAIT