test

Olahraga

Minggu, 11 Desember 2022 07:07 WIB

Kejutan di Piala Dunia, Timnas Maroko Taklukkan Portugal di Perempat Final

Editor: Ferro Maulana

Timnas Maroko 1-0 Portugal. (Foto: Dok Net)

PMJ NEWS -  Timnas Maroko memberikan kejutan di Piala Dunia 2022. Ya, Singa Atlas mengaum keras dimana Portugal yang menjadi korban terakhir.

Di awal Piala Dunia 2022, Maroko sebenarnya kurang diperhitungkan. Maklum ada beberapa tim lain yang lebih difavoritkan untuk melaju jauh di turnamen terakbar empat tahunan tersebut.

Maka wajar bila banyak pihak sampai terkaget-kaget ketika Achraf Hakimi dan kawan-kawan mampu melaju mulus ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 tanpa tersentuh kekalahan sekalipun.

Hal itu termasuk menyingkirkan semifinal Piala Dunia 2018 Belgia dan menempatkan finalis edisi sebelumnya, Kroasia di posisi runner-up grup F.

Di fase 16 besar, Maroko tak berhenti membuat kejutan. Favorit juara Spanyol dipaksa untuk mengepak koper usai menang melalui babak adu penalti 3-0 setelah di waktu normal dan 2×15 menit babak extra time hanya bermain imbang 0-0.

Melaju ke babak perempatfinal, auman Singa Atlas kembali berhasil mematahkan segala prediksi.

Menghadapi juara Piala Eropa 2016, Portugal dengan Cristiano Ronaldo-nya, Maroko menang 1-0 berkat gol semata wayang Youssef En-Nesyri di babak pertama.

Kemenangan itu berarti besar bagi benua Afrika. Alasannya, untuk pertama kalinya dalam sejarah ada wakil mereka di semifinal Piala Dunia.

Sejak keikutsertaan Timnas Afrika di Piala Dunia 1934, prestasi terbaik mereka hanya menembus babak perempatfinal.

Di samping Maroko, ada Timnas Kamerun (1990), Senegal (1998) dan Ghana (2010. Tapi ketiganya kandas dan gugur di 8 besar.

Sekarang ada harapan yang besar bagi Maroko bisa jadi tim pertama yang dapat menjuarai ajang sekelas Piala Dunia.

Di babak semifinal, mereka akan menghadapi sang juara bertahan Prancis yang di pertandingan lainnya mampu menyingkirkan Inggris dengan skor 2-1.

BERITA TERKAIT