test

News

Jumat, 9 Desember 2022 15:22 WIB

Hadiri Peringatan Hakordia 2022, Wapres: Korupsi Musuh Utama Seluruh Bangsa

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin menghadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022. (Foto: PMJ News/BPMI Setwapres)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin menghadiri acara peringatan Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) 2022. Dalam sambutannya, dia menyebut korupsi adalah musuh utama seluruh bangsa.

"Kita memperingati Hari Antikorupsi Sedunia setiap tahun, sebagai penanda sekaligus pengingat bagi kita semua bahwa korupsi adalah musuh utama seluruh bangsa," ujar Ma'ruf dalam keterangannya, Jumat (9/12/2022).

Dalam peringatan Hakordia tahun ini, Wapres Ma'ruf Amin menyebut apabila suatu negara menerapkan hukum yang tumpul, maka kemakmuran tidak bisa dinikmati negara tersebut.

"Negara manapun yang sumber dayanya melimpah, namun bila aturan mainnya lumpuh dan penegakan hukumnya tumpul, maka kemakmuran tidak mungkin dapat dinikmati oleh negara tersebut

Karenanya, Wapres menyarankan dalam upaya memberantas korupsi harus ada perubahan pada perilaku pemerintah dan masyarakat. Salah satunya, perilaku koruptif berubah menjadi perilaku jujur dan berintegritas.

"Perubahan perilaku yang muncul dari dalam diri individu akan lebih menjamin kesuksesan kita dalam memberantas korupsi, daripada ancaman hukuman yang berat," tuturnya.

Ma'ruf Amin berharap semangat tema Hakordia 2022 menjadi penguat komitmen dan langkah untuk menjalankan rencana kerja pemerintah 2023, yang mengambil tema 'Peningkatan Produktivitas untuk Transformasi Ekonomi yang Inklusif dan Berkelanjutan'.

"Saat ini pemerintah membutuhkan dukungan untuk menyukseskan program prioritas pembangunan agar tidak terhambat oleh korupsi, antara lain percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem, penguatan sistem jaminan sosial, dan peningkatan sistem kesehatan nasional," tukasnya.

BERITA TERKAIT