test

Kesehatan

Jumat, 2 Oktober 2020 20:21 WIB

Jubir Wapres: Kalaupun Tidak Halal, Vaksin Covid Bisa Tetap Digunakan

Editor: Hadi Ismanto

Pemerintah melakukan pengujian klinis vaksin Covid-19 (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ - Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi menyebut vaksin Covid-19 masih tetap bisa digunakan masyarakat, meskipun nantinya ditemukan kandungan bahan yang tak halal.

Pernyataan tersebut disampaikannya seusai Wakil Presiden Ma'ruf Amin melakukan pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan dan Menkes Terawan Agus Putranto di Rumah Dinas Wakil Presiden, Jakarta, Jumat (2/10/2020).

"Vaksin itu kalau halal ya bagus, enggak ada problem, tetapi kalau misalnya tidak halal tidak masalah, karena itu dalam kondisi darurat sehingga kemudian tidak masalah dipakai juga," ungkap Masduki dalam keterangan videonya.

Masduki mengatakan, pemerintah akan mengajak Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk ikut dalam proses verifikasi kehalalan vaksin Sinovac ke China. Dengan begitu, MUI bisa melakukan verifikasi secara langsung terkait bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatannya.

"Jadi ada melibatkan tim fatwa MUI dan tim LPPOM (Lembaga Pengkajian Pangan Obat-obatan dan Kosmetika MUI), ini yang akan memverifikasi apakah halal atau tidak," tuturnya.

Kendati begitu, kata Masduki, proses pengujian kehalalan vaksin Corona tak akan menghambat proses vaksinasi kepada masyarakat.

"Maka jangan ada anggapan kemudian proses kehalalan vaksin itu akan menghambat, itu sama sekali tidak menghambat. Karena sekali lagi saya tegaskan kalau tidak halal itu juga darurat, enggak masalah," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT