test

Kesehatan

Senin, 13 Januari 2020 10:00 WIB

Riset, Sering Nonton Konser Bisa Bikin Panjang Umur

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi gelaran konser. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ - Banyak cara dilakukan seseorang umtuk meningkatkan kualitas hidup agar bisa panjang umur. Mulai dari cerolahraga, mencoba berbagai program diet dan bahkan menjalani gaya hidup sehat.

Namun tau kah kamu, sebuah penelitian terbaru menyebut dengan sering mengunjungi museum, galeri seni, nonton teater atau konser dapat menambah umur seseorang lebih panjang daripada yang tidak pernah.

Peneliti melibatkan 6.710 orang yang berusia 50 tahun atau lebih pada tahun 2002. Peserta ditanya seberapa sering mereka terlibat dalam kegiatan seni, serta sejumlah pertanyaan tentang kebiasaan, latar belakang, pendidikan, situasi keuangan, dan kehidupan sosial.

Menggunakan catatan Layanan Kesehatan Nasional, para peneliti mengikuti peserta hingga 2018. Pada saat itu, hampir 30 persen peserta telah meninggal. Diantara peserta yang meninggal, tercatat 47,5 persen tidak pernah terlibat dalam kegiatan kesenian.

Setelah memperhitungkan berbagai faktor kesehatan dan sosial lainnya, para peneliti menemukan bahwa orang berusia di atas 50 tahun yang rutin terlibat dalam kegiatan seni memiliki kemungkinan 31 persen lebih kecil untuk meninggal.

Seperti dilansir laman Reuters, Senin (13/1/2020), peneliti mengungkapterlibat dalam kesenian dapat mempengaruhi kesehatan dan mentalitas. Mereka yang hanya sekali atau dua kali setahun berkegiatan seni memiliki peluang 14 persen lebih panjang umur.

"Terlibat dengan seni dapat memperluas imajinasi kita, menginspirasi dan menumbuhkan kreativitas, merayakan cerita yang bermakna, menyediakan konektivitas sosial, membangun modal sosial, menantang kita dan memberikan paparan pengetahuan atau ide baru," ungkap Jennifer Novak-Leonard dari Northwestern University, Chicago.

"Temuan ini mendukung analisis statistik sebelumnya dan pekerjaan antropologis yang menunjukkan bahwa mungkin ada manfaat seni bagi individu seiring bertambahnya usia," sambungnya.

Hasil studi ini sejalan dengan penelitian sebelumnya dalam The BMJ, yang menyebut bahwa seni bisa membuat panjang umur dengan meningkatkan kesehatan mental, meningkatkan modal sosial, mengurangi kesepian dan perilaku menetap.(Hdi)

BERITA TERKAIT