test

Kesehatan

Minggu, 1 November 2020 11:04 WIB

Riset: Benda dan Tempat Ini Bisa Jadi Media Penyebaran Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Setiap orang diminta untuk meminimalisir menyentuh benda-benda yang bisa menjadi media penyebaran Covid-19. (Foto: PMJ News/PMJ News/Hdi).

PMJ - Sebuah studi terbaru mengemukakan benda dan tempat tertentu bisa menjadi medium penyebaran Covid-19. Hal itu disebabkan virus yang bertahan di permukaan benda itu berhari-hari dalam suhu tertentu.

Penelitian Australia menerbitkan hasil studi yang membuktikan ada informasi yang tidak banyak diketahui masyarakat bahwa penularan virus corona penyebab Covid-19 bisa melalui permukaan benda.

Seperti dilansir dari laman Times of India, Minggu (1/11/2020), berikut ini beberapa benda yang dianggap bisa menjadi medium penularan Covid-19.

1. Mesin ATM

Mesin ATM masuk dalam kelompok benda yang bisa jadi medium penyebaran virus corona. Benda yang satu ini dipergunakan oleh banyak orang, khususnya tombol-tombol yang ada di benda ini.

Jika terpaksa menggunakan mesin ATM untuk menarik atau mengirim uang, pastikan cuci tangan dengan sabun secara benar. Selain itu, jangan pegang benda-benda pribadi seperti ponsel setelah memegang mesin ATM.

2. Ruang tunggu rumah sakit

Rumah sakit adalah tempat yang dapat dipastikan selalu didisinfeksi setiap saat, terutama saat pandemi. Namun, ruang tunggu punya ceritanya yang berbeda.

Ini berkaitan dengan seringnya orang duduk atau berada di ruang tunggu rumah sakit. Mereka bisa saja memegang area yang sama dan dilakukan oleh banyak orang dan ini berpotensi menyebarkan virus dari satu orang ke orang lain.

3. Tiang dan kaca kendaraan umum

Tak bisa dipungkiri, sudah banyak masyarakat kembali melakukan rutinitas seperti biasanya. Beberapa dari mereka menggunakan kendaraan umum menuju tujuannya.

Kendaraan umum ini bisa menjadi tempat penyebaran virus, khususnya pada area yang terbuat dari baja. Mulai dari tiang, jendela, atau kaca. Medium tersebut dinilai menjadi tempat berkembang biak yang baik, khususnya dalam suhu sedang.

Jendela maupun tiang di dalam kendaraan umum juga paling sering tersentuh oleh banyak tangan dan ini membuat benda tersebut semakin tinggi risikonya.

4. Peralatan dapur berbahan stainless

Peralatan dapur Anda yang berbahan stainless bisa jadi medium lain penularan Covid-19. Benda ini bahkan dinilai cukup cepat menularkan virus yang ada di sana.

Untuk mencegah penyebaran virus, sangat disarankan agar membersihkan permukaan benda-benda berbahan stainless dengan serutin mungkin.(Hdi)

BERITA TERKAIT