test

Kesehatan

Kamis, 5 November 2020 10:02 WIB

Studi: Main Ponsel Sebelum Tidur Bisa Naikkan Berat Badan

Editor: Hadi Ismanto

Main ponsel saat menjelang tidur bisa meningkatkan berat badan, dan bahkan obesitas. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF).

PMJ - Sebuah studi mengemukakan cahaya biru dari TV atau atau perangkat streaming dapat menyebabkan penambahan berat badan. Bahkan, dampaknya bisa menimbulkan obesitas pada wanita.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal JAMA Internal Medicine ini mengamati gaya hidup 44 ribu wanita di AS. Hasilnya, mereka yang menyalakan perangkat gawai berpeluang lebih tinggi menambah berat badan atau menjadi obesitas selama enam tahun ke depan.

Peserta yang terpapar sinar biru sebelum tidur bertambah 5 kilogram selama lima tahun, dibanding mereka yang tidak terpapar cahaya biru. Kelompok cahaya biru juga memiliki peluang sebanyak 30 persen untuk menjadi gemuk.

"Secara evolusioner kita seharusnya tidur di malam hari, di tempat yang gelap. Ini jauh lebih penting daripada yang disadari orang karena berbagai macam alasan kesehatan," jelas penulis utama Dale Sandler, seorang ilmuwan dari Institut Nasional Ilmu Kesehatan Lingkungan seperti dilansir laman The Ladder, Kamis (5/11).

Namun yang perlu dicatat bahwa penelitian ini hanya menemukan hubungan antara penambahan berat badan dan cahaya biru. Para penulis tidak dapat menjelaskan pola makan yang tidak sehat dan minim aktivitas fisik atau olahraga.

Meskipun banyak penelitian telah menguraikan efek negatif cahaya biru pada ritme sirkadian dan kesehatan otak secara umum, ada banyak penelitian yang menyatakan bahwa dampak cahaya biru tidak terlalu buruk.

Bahkan sebuah studi baru dari University of Manchester menemukan bahwa cahaya biru dengan kombinasi yang tepat dari lampu yang redup di malam hari dan cahaya yang lebih terang di siang hari, sebenarnya dapat memberikan manfaat kesehatan.(Hdi)

BERITA TERKAIT