test

Kesehatan

Kamis, 13 Februari 2020 10:02 WIB

5 Cara Mencegah Kulit Keriput

Editor: Ferro Maulana

Mencagah kulit keriput akibat efek penuaan (Foto: Dok Net)

PMJ - Seiring perjalanan waktu, semua orang pasti akan menua. Kenyataan ini tidak dapat ditolak karena merupakan proses alami dari bertambahnya umur. Tanda yang paling tampak dari menua adalah munculnya garis-garis halus atau keriput di wajah atau kulit.

Namun ada sejumlah tips untuk mencegah terjadinya kulit keriput. Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/2/2020), berikut tips sehat untuk menunda penuaan dini.

1. Menerapkan pola hidup sehat

Pola hidup sehat tentnya sangat baik untuk segala hal. Selain menjaga kesehatan tubuh, kulit pun bisa terawat. hal yang terpenting adalah Anda harus menjaga berat badan, aktivitas fisik, serta selalu berpikir positif.

2. Hindari makanan yang tinggi gula

Ada baiknya mulai sekarang kamu mengurangi mengonsumsi makanan manis. Pasalnya, makanan tinggi gula dapat menyebabkan jaringan kulit kehilangan elastisitasnya yang mempengaruhi kulit menjadi keriput sebelum usia 40 tahun.

3. Hindari paparan sinar matahari

Bila kulit terpapar sinar matahari dalam waktu lama, salah satu efek negatifnya adalah kulit rawan keriput. Hal ini disebabkan karena sinar ultraviolet A (UV A) yang dapat merusak kolagen dan berpengaruh terhadap elastisitas kulit.

4. Perhatikan posisi tidur

Salah satu cara menghilangkan kerutan di wajah dengan memperhatikan posisi tidur. Perlu diketahui, posisi tidur yang menyamping atau tengkurap tidak baik karena menyebabkan berat tubuh bertumpu pada satu posisi sehingga memunculkan kerutan pada wajah.

5. Minum air putih Cara menghilangkan kerutan di wajah yang perlu dilakukan juga adalah dengan mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Cairan sangat baik bagi kesehatan kulit wajah. Jika kurang minum air setiap harinya, kulit akan menjadi kering dan menimbulkan kerutan.(Hdi)

BERITA TERKAIT