test

Fokus

Sabtu, 4 Juni 2022 15:49 WIB

Pencarian Anak Ridwan Kamil di Sungai Aare, Hingga Keikhlasan Keluarga

Editor: Hadi Ismanto

Lipsus proses pencarian anak sulung Ridwan Kamil di Sungai Aaree, hingga keikhlasan keluarga. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Sepekan sudah anak pertama Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz atau Eril hilang akibat tenggelam saat berenang di Sungai Aaree, Bern, Swiss.

Kabar ini pertama kali dikonfirmasi oleh pihak keluarga Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman. Dia menyebut kejadian menghilangnya Eril terjadi pada Kamis (26/5/2022) lalu.

"Kami mohon doa agar Eril dapat ditemukan dalam keadaan selamat dan baik. Dapat berkumpul kembali bersama keluarga dalam keadaan sehat walafiat," ungkap Elpi Nazmuzaman dalam keterangannya, Jumat (27/5/2022)

Elpi mengatakan, Eril saat ini masih dalam pencarian tim SAR dan polisi Swiss. Dia juga mengungkap kronologi awal hilangnya Eril saat berenang di Sungai Aaree.

"Kronologisnya Eril berenang di Sungai Aaree bersama adik dan kawannya. Saat ingin naik ke permukaan, Eril terseret arus sungai yang cukup deras yang sebelumnya sempat mendapat bantuan dari kawannya," tuturnya.

Kepolisian dan Pemerintah Kota Bern Bantu Upaya Pencarian Eril

Ridwan Kamil ikut langsung dalam pencarian putranya. (Foto: PMJ/Dok Kemenlu).
Ridwan Kamil ikut langsung dalam pencarian putranya. (Foto: PMJ/Dok Kemenlu).

Upaya pencarian pun telah dilakukan dengan melibatkan berbagai pihak baik dari polisi, pemadam kebakaran, polisi maritim, hingga masyarakat sipil Kota Bern, Swiss.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), Teuku Faizasyah menyampaikan pihak KBRI Bern sudah berkoordinasi dengan kepolisian Swiss untuk pencarian Eril.

"KBRI Bern telah berkoordinasi dengan kepolisian setempat untuk proses pencarian," ujar Teuku Faizasyah saat dimintai konfirmasi, Jumat (27/5/2022).

"Upaya pencarian langsung dilakukan pada 26 Mei 2022 dengan menyusuri Sungai Aare dan akan terus dilanjutkan pada hari ini, 27 Mei 2022," sambungnya.

Sementara Duta Besar Republik Indonesia untuk Swiss Muliaman Darmansyah Hadad juga memastikan otoritas Swiss terus mengupayakan pencarian Eril.

"Pencarian masih akan terus dilanjutkan. Masih akan dilanjutkan pencarian," tegasnya.

Presiden Hingga Artis Bersimpati Hilangnya Eril

Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

Sejumlah pihak turut menyampaikan doa dan simpati agar pencarian Eril membuahkan hasil terbaik. Termasuk, Presiden Joko Widodo yang menelepon langsung Ridwan Kamil.

"Dari pihak keluarga, kami ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Pak Presiden Joko Widodo yang memberikan atensi dan berkomunikasi langsung dengan Kang Emil melalui sambungan telepon ke Swiss," ungkap Elpi Nazmuzaman.

"Sebagai kepala negara, berarti merepresentasikan seluruh warga Indonesia. Membesarkan hati kami selaku pihak keluarga dalam menghadapi musibah ini. Kami tidak bisa membalasnya kecuali Allah sebaik-baiknya pemberi balasan,"sambungnya.

Selain itu sejumlah artis seperti Lukman Sardi hingga Wanda Hamidah juga mengucapkan bela sungkawa untuk kepergian Eril. Lukman mengaku tak sanggup berkata-kata ketika mendengar kabar keluarga mengikhlaskan dan meyakini Eril telah meninggal dunia.

"Kang Emil dan keluarga tidak ada satu katapun yang sanggup keluar dari mulut saya selain Rasa turut berduka cita yang sangat mendalam.. saya cuma bisa berdoa untuk Kang Emil dan keluarga diberikan kekuatan oleh Tuhan, semua ini misteri Ilahi yang tidak bisa dihindari oleh siapapun.. apa yang menjadi milikNya pasti akan kembali kepadaNya, dan saya yakin Tuhan tahu yang terbaik untuk kita semua sebagai ciptaanNya," tulis Lukman Sardi.

"Cuma bisa membayangkan kesedihan yang harus dilalui oleh Pak @ridwankamil dan Bu @ataliapr ... Semoga keluarga bisa melalui kehilangan ini dengan sabar, kuat dan ikhlas... Our prayers and thoughts are with you... Al-Fatihah...," tulis Wanda Hamidah.

Kemlu Swiss Pastikan Pencarian Eril Jadi Prioritas Utama

Pencarian putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz melibatkan masyarakat dan komunitas setempat. (Foto: PMJ News/Twitter @jabarprovgoid)
Pencarian putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz melibatkan masyarakat dan komunitas setempat. (Foto: PMJ News/Twitter @jabarprovgoid)

Pencarian putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Khan Mumtadz (Eril) yang hilang terseret arus Sungai Aare, Bern, Swiss masih terus berlanjut.

Kepala Protokol Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Swiss, Duta Besar Beatrice Schaer bahkan telah menemui Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan istrinya Atalia. Duta Besar RI untuk Swiss Muliaman Hadad juga turut hadir dalam pertemuan ini

Pada kesempatan tersebut, pihak Kemlu Swiss menyatakan akan terus melakukan pencarian anak Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz. Beatrice Schaer menyebut pencarian ini sebagai prioritas.

"Duta Besar Schaer kembali menekankan dukungan penuh Pemerintah Swiss atas upaya pencarian Saudara Eril, dan menjadikan pencarian ini sebagai prioritas utama," bunyi keterangan pers KBRI Bern, Kamis (2/6/2022).

Duta Besar Schaer yakni memastikan bahwa Kementerian Luar Negeri Swiss telah berkomunikasi erat dengan pihak Kepolisian Kota Bern dalam memantau perkembangan pencarian Eril. Diketahui, hingga saat ini tim SAR Swiss masih melakukan pencarian Eril.

"Pencarian Eril di sungai Aare, kota Bern hari ini terus diintensifkan dengan metode patroli darat, perahu, dan drone. Fokus pencarian hari ini di area Marzili hingga pintu air Engehalde. Selain itu, patroli juga tetap dilakukan mulai area Schwellenmaetelli hingga Wohlensee," ucapnya.

Kirim Yellow Notice, Polri Turut Bantu Pencarian Eril

Polri menjalin komunikasi dengan Kepolisian Swiss terkait perkembangan pencarian putra Gubernur Jawa Barat, Emmeril Khan Mumtadz. Pria yang akrab dipanggil Eril ini terseret arus saat di sungai Aaree, Bern, Swiss.

"Secara informal kita menanyakan melalui jalur P to P (police to police) ke pihak Swiss perkembangan penanganan hal tersebut," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Dedi juga menjelaskan, Polri tengah berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk meminta yellow notice dikeluarkan. Nantinya, dokumen ini akan dikirimkan ke Interpol Swiss dan instasi lainnya.

"Identitas korban sedang kita mintakan via Polda Jabar, untuk kita mintakan yellow notice (pencarian orang) ke Interpol Swiss dan seluruh anggota Interpol lainnya," katanya.

"Itu langkah-langkah yang diambil oleh Hubinter Sekretariat NCB," sambungnya.

Sebagai informasi, yellow notice adalah peringatan polisi global untuk orang hilang. Ini diterbitkan untuk korban penculikan orang tua, penculikan kriminal (penculikan) atau penghilangan yang tidak dapat dijelaskan.

Keikhlasan Ridwan Kamil dan Istri Melepas Kepergian Eril

Ridwan Kamil dan istri keluarga meyakini anak sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz telah meninggal dunia. (Foto: Kolase PMJ News)
Ridwan Kamil dan istri keluarga meyakini anak sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz telah meninggal dunia. (Foto: Kolase PMJ News)

Ridwan Kamil dan istri, beserta keluarga meyakini anak sulungnya, Emmeril Khan Mumtadz telah meninggal dunia. Ungkapan itu disampaikan dalam akun Instagramnya, Jumat (3/6/2022).

Dalam unggahannya, Ridwan Kamil sekaligus mengunggah video sungai Aare dan momen dirinya mensalatkan hingga menaruh setangkai bunga di Sungai Aare untuk melepas kepergian Eril sebelum kembali ke tanah air.

"Innalilahi wainna illahi rajiun.. Dengan ini kami secara resmi melepas dan mengikhlaskan sepenuh hati atas berpulangnya anak kami tercinta ananda Emmeril Kahn Mumtadz," tulis Ridwan Kamil.

Pada postingan yang sama, Ridwan Kamil juga menyampaikan permohonan maaf apabila ada kesalahan dan kekhilafan yang pernah dilakukan Eril.

"Mohon dimaafkan, jika semasa hidupnya ada kekhilafan dan kesalahan," ujarnya.

Ridwan Kamil juga mengunggah video momen sebelum dirinya kembali ke tanah air. Dia bersama keluarga mensalatkan Eril di tepi Sungai Aare hingga menaruh setangkai bunga di aliran sungai.

Dalam puisi yang dibuat Ridwan Kamil berpesan kepada Sungai Aare agar menjaga jasad Eril. Dia berharap Sungai Aare menjadi kehangatan dan tempat terindah bagi Eril.

Berikut puisi lengkap RK:

Sudah kukumandangkan adzan terbaikku dihadapanmu..
Bahagiakan dia dalam keindahanmu.
Selimuti dia dalam kehangatanmu.
Lindungi dia dalam kemegahanmu.
Sucikan dia dalam kejernihanmu.
Jadikan doa-doa kami menjadi cahaya penerang jasad syahidnya di dasarmu.

Engkau sudah ditakdirkan sebagai tempat terindah dan terbaik baginya untuk bertemu dengan pemilik sejatinya, Allah SWT.

BERITA TERKAIT