test

Kesehatan

Rabu, 4 Maret 2020 09:03 WIB

Riset: Vegetarian Bisa Terhindar dari Risiko Stroke

Editor: Ferro Maulana

Penderita stroke bisa sembuh dengan memiliki rasa optimis tinggi (Foto: Ilustrasi/PMJ)

PMJ - Stroke menjadi penyebab kematian paling umum kedua di dunia dan penyebab utama kecacatan. Penyakit ini juga dapat menyebabkan demensia. Gaya hidup sehat dinilai dapat mencegah stroke

Para ahli menyarankan agar mengonsumsi makanan vegetarian yang kaya kacang-kacangan, sayuran dan kedelai memiliki risiko lebih rendah terkena stroke daripada orang-orang yang makan mencakup daging dan ikan.

Pernyataan ini dituangkan dalam hasil penelitian terbatu yang diterbitkan dalam Neurology edisi 26 Februari 2020, jurnal medis dari American Academy of Neurology. Demikian seperti dilansir laman News Medical, Rabu (4/3/2020).

"Jika kita dapat mengurangi jumlah stroke oleh orang-orang yang melakukan perubahan pada diet mereka, itu akan berdampak besar pada kesehatan masyarakat secara keseluruhan," kata penulis studi Chin-Lon Lin, M.D. dari Universitas Tzu Chi di Hualien, Taiwan.

Penelitian ini melibatkan dua kelompok orang dari komunitas Buddha di Taiwan dimana diet vegetarian dianjurkan tidak merokok dan tidak dianjurkan minum alkohol.

Sekitar 30 persen dari peserta di kedua kelompok adalah vegetarian. Sebanyak 25 persen dari vegetarian adalah laki-laki. Para peneliti mendefinisikan vegetarian sebagai orang yang tidak makan daging atau ikan.

Pada awal penelitian, usia rata-rata semua peserta adalah 50 dan tidak ada yang mengalami stroke. Kelompok pertama 5.050 orang diikuti selama rata-rata enam tahun. Kelompok kedua 8.302 orang diikuti selama rata-rata sembilan tahun. Peserta diberikan ujian medis pada awal penelitian dan ditanya tentang diet mereka.

Vegetarian lebih banyak mengonsumsi kacang, sayuran, dan kedelai serta mengonsumsi lebih sedikit susu. Kedua kelompok makan jumlah telur dan buah yang sama. Vegetarian makan lebih banyak serat, protein nabati, sedikit protein hewani dan lemak.

Para peneliti kemudian melihat pada basis data nasional untuk menentukan jumlah stroke yang dimiliki peserta selama penelitian. Dalam kelompok pertama 5.050 orang, ada 54 terkena stroke.

Untuk stroke iskemik, yang merupakan stroke ketika aliran darah ke bagian otak tersumbat, ada tiga stroke di antara 1.424 vegetarian, atau 0,21 persen, dibandingkan dengan 28 stroke di antara 3.626 non-vegetarian, atau 0,77 persen.

Setelah disesuaikan dengan usia, jenis kelamin, merokok dan kondisi kesehatan seperti tekanan darah tinggi dan diabetes, para peneliti menemukan vegetarian dalam kelompok ini memiliki risiko stroke iskemik 74 persen lebih rendah daripada non-vegetarian.

Dalam kelompok kedua 8.302 orang, ada 121 orang terkena stroke. Untuk stroke iskemik dan hemoragik ada 24 stroke diantara 2.719 vegetarian, atau 0,88 persen, dibandingkan dengan 97 stroke di antara 5.583 non-vegetarian, atau 1,73 persen.

Setelah menyesuaikan dengan faktor-faktor lain, para peneliti menemukan vegetarian dalam kelompok ini memiliki risiko stroke keseluruhan 48 persen lebih rendah, risiko stroke iskemik 60 persen lebih rendah dan risiko stroke hemoragik lebih rendah 65 persen.

"Secara keseluruhan, penelitian kami menemukan bahwa diet vegetarian bermanfaat dan mengurangi risiko stroke iskemik bahkan setelah disesuaikan dengan faktor risiko yang diketahui seperti tekanan darah, kadar glukosa darah dan lemak dalam darah," kata Lin.

"Ini bisa berarti bahwa mungkin ada beberapa mekanisme perlindungan lain yang dapat melindungi mereka yang makan diet vegetarian dari stroke," tambahnya.

Batasan riset ini adalah diet peserta hanya dinilai pada awal penelitian, sehingga tidak diketahui apakah diet peserta berubah dari waktu ke waktu. Keterbatasan lain adalah peserta penelitian tidak minum atau merokok, hingga hasilnya mungkin tak mencerminkan populasi umum.

Juga, hasil dari populasi penelitian di Taiwan mungkin tidak dapat digeneralisasikan di seluruh dunia. Selain itu, mungkin ada faktor-faktor lain yang belum diperhitungkan, yang dapat memengaruhi risiko stroke.(Hdi)

BERITA TERKAIT