test

News

Kamis, 5 Mei 2022 17:03 WIB

Polri Ingatkan Pemudik Perhatikan Kendaraan Sebelum Kembali ke Jakarta

Editor: Hadi Ismanto

Penulis: Yeni Lestari

Sebelum melakukan perjalanan, pastikan kendaraan dalam keadaan yang normal. (FotoL PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Pol Gatot Repli Handoko memberikan pesan kepada para pemudik yang akan kembali ke Jakarta usai bersilaturahmi dengan keluarga di kampung halaman.

Salah satunya, dengan memperhatikan kondisi kendaraan sebelum melakukan perjalanan kembali ke ibu kota. Pastikan, kendaraan dalam keadaan yang normal dan aman.

"Saat kembali, pastikan kondisi kendaraan benar-benar baik, begitu juga dengan pengemudinya dalam kondisi sehat," kata Gatot kepada wartawan, Kamis (5/5/2022).

Lebih lanjut, mantan Kabid Humas Polda Jawa Timur itu kemudian meminta masyarakat yang bisa kembali lebih awal ke Jakarta agar segera melakukan perjalanan sebelum puncak arus balik.

Hal tersebut dilakukan untuk mengurangi kepadatan lalu lintas kendaraan saat masa arus balik di sepanjang Tol Palimanan hingga Tol Jakarta-Cikampek.

"Masyarakat bisa melakukan perjalanan kembali dari mudik sebelum prediksi arus puncak yaitu hari Sabtu dan Minggu. Kalau bisa, sebelumnya sudah bisa kembali," terangnya.

Diberitakan sebelumnya, Polda Metro Jaya memprediksi puncak arus balik akan terjadi pada Minggu, 8 Mei 2022 mendatang. Sebanyak 200 ribu kendaraan diperkirakan akan masuk ke Jakarta.

"Puncak arus balik diprediksi terjadi pada 8 Mei 2022 atau H+5 Lebaran. Ada 269 ribu kendaraan, naik sebanyak 5% dibandingkan data tahun 2019," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan dalam keterangannya, Kamis (5/5/2022).

Kata Zulpan, jumlah tersebut akan terus bertambah hingga H+10 Lebaran menjadi 2 juta lebih kendaraan. Adapun jumlah kendaraan itu mengalami kenaikan 0,6 persen dibandingkan persentase pada arus balik 2019 lalu.

"Prediksinya kendaraan berjumlah 2 juta kendaraan hingga H+10 melalui empat gerbang tol utama (Cikupa, Ciawi, Cikatama, Kalitama)," beber Zulpan.

BERITA TERKAIT