News

Minggu, 9 Februari 2020 12:02 WIB

Ladies, Ini Tips Aman Berkendara Motor Saat Hujan

Editor: Ferro Maulana

Pemotor wanita tengah menembus hujan (Foto: Dok Net)

PMJ - Hujan belakangan ini terjadi dengan intensitas sedang hingga lebat. Namun kondisi tersebut tidak menghalangi para pengendara sepeda motor untuk terus beraktifitas.

Bagi kamu para rider, khususnya lady biker (pemotor wanita) tentu harus ekstra hati-hati ketika harus menembus derasnya hujan. Salah satu yang harus diwaspadai adalah kondisi jalanan aspal yang berlubang dan tertutup genangan air.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Minggu (9/2/2020), berikut sejumlah tips saat kamu berkendara pada musim penghujan. Mau tau apa aja girls, simak ulasannya.

1. Pastikan perlengkapan berkendara

Jas hujan, sandal jepit atau sepatu boot, masker, helm, jaket harus siap sedia untuk menerjang hujan. Hindari berkendara tanpa menggunakan jas hujan saat hujan karena ini bisa membuat kondisi tubuh kamu mudah terserang sakit.

Untuk jas hujan sendiri, usahakan untuk menggunakan jas hujan yang nyaman, aman dan risiko air hujan tembus ke dalam jas sedikit. Disarankan juga agar kamu memilih jas hujan bentuk baju yang terdiri dari kemeja serta celana demi keselamatan berkendara

2. Lebih baik berteduh saat hujan deras disertai angin

Ketika hujan dinilai terlalu deras dan berangin, lebih baik kamu menepi dan tunggu hingga hujan reda. Menepi saat hujan deras akan membuatmu lebih aman jika dibandingkan dengan tetap memaksakan untuk melakukan perjalanan.

Pilih tempat menepi yang aman dan nyaman buat keselamatan kamu misal di emperan toko, di rumah warga atau di pos polisi sekalipun. Hindari menepi di bawah pohon dan kolong jembatan.

3. Bungkus dokumen dan ponsel dengan plastik

Jika kamu membawa dokumen penting, simpan baik-baik dokumen tersebut di dalam wadah plastik anti air. Ada baiknya ladies mematikan ponsel selama melakukan perjalanan saat hujan agar terhindar dari bahaya petir.(Hdi)

BERITA TERKAIT