test

News

Jumat, 1 April 2022 15:50 WIB

Ucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Jokowi: Marhaban Ya Ramadan

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi memberikan keterangan pers. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan ucapan selamat menunaikan ibadah puasa Ramadan 1443 Hijriah. Kepala Negara juga mengungkapkan permohonan maaf kepada seluruh masyarakat.

Ucapan tersebut disampaikan Jokowi pada akhir acara penandatanganan nota kesepahaman dengan PM Malaysia Ismail Sabri Yaakob di Istana Merdeka, Jumat (1/4/2022).

"Sebelum saya akhiri, saya ingin mengucapkan Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa bulan Ramadan 1443 Hijriah, mohon maaf lahir batin," kata Jokowi seperti dikutip dari siaran kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga menyampaikan harapan agar di bulan suci Ramadan tahun ini seluruh rakyat Indonesia dijauhkan dari penyakit dan bencana.

"Semoga kita semua senantiasa dilimpahkan rahmat dari Allah SWT dan dijauhkan dari penyakit dan bencana," tukasnya.

Sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) meminta masyarakat menunggu hasil sidang isbat terkait penetapan awal Ramadan 1443 Hijriyah. Sidang Isbat awal Ramadan 1443 H akan digelar pada 1 April 2022.

Sebagaimana Fatwa MUI, Kemenag menetapkan awal Ramadhan, Syawal dan Zulhijjah berdasarkan metode hisab dan rukyat. Hasil perhitungan astronomi atau hisab dijadikan sebagai informasi awal yang kemudian dikonfirmasi melalui metode rukyat.

BERITA TERKAIT