test

News

Selasa, 29 Maret 2022 16:35 WIB

Penetapan Awal Ramadhan, Wapres Harap Sama Dengan Muhammadiyah

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Presiden Ma'ruf Amin. (Foto: PMJ News/Instagram @kyai_marufamin)

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin berharap penetapan awal Ramadan pemerintah sama dengan Muhammadiyah. Hal ini merespon kemungkinan terjadinya perbedaan penentuan awal Ramadan 1443 H /2022 M.

Diketahui, Muhammadiyah sudah mengeluarkan keputusan awal Ramadhan jatuh pada Sabtu, 2 April 2022. Sedangkan, pemerintah baru akan menggelar sidang isbat penentuan awal Ramadhan 1443 H pada Jumat (1/4/2022) mendatang.

"Kalau awal Ramadhan itu kan memang kecuali Muhammadiyah sudah ada kesepakatan sistem atau cara penetapan melalui sidang Isbat di Kementerian Agama," jelas Wapres Ma'ruf Amin di Istana Wapres, Selasa (29/3/2022).

Kendati begitu, Wapres berharap 1 Ramadhan sama antara Muhammadiyah dan pemerintah. "Diharapkan tahun ini masih sama antara Muhammadiyah dan pemerintah," sambungnya.

Menurut Ma'ruf, penetapan awal Ramadhan antara Muhammadiyah dan pemerintah memiliki pendekatan berbeda. Muhammadiyah memakai metode hisab wujudul hilal, sedangkan pemerintah menggunakan metode imkanur rukyat atau mengamati langsung hilal minimal dua derajat.

Ia mengatakan, jika melihat tahun ini kemungkinan lebih dari dua derajat, penetapan awal puasa akan sama. Namun, jika nantinya tidak sama, Wapres menilai tidak akan menjadi masalah. Sebab, selama ini, sudah ada toleransi dalam penetapan awal puasa.

"Itu sudah ada semacam pemahaman bersama ya. Artinya ada toleransi, ya misalnya Muhammadiyah dengan pendekatan namanya wujudul hilal, kalau dia asal ada hilal. Tapi kalau pemerintah itu ada imkanur rukyah, kemungkinan rukyah, minimal dua derajat," tukasnya.

BERITA TERKAIT