test

News

Selasa, 1 Maret 2022 16:20 WIB

Jokowi Undang Ribuan Talenta Digital Indonesia Kembali ke Tanah Air

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi saat acara Peresmian Sea Labs Indonesia. (Foto: PMJ News/YouTube Setpres)

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengundang para talenta digital Indonesia yang tengah berada di luar negeri untuk kembali ke Tanah Air. Kepala Negara menyebut bangsa Indonesia sangat membutuhkan mereka untuk membangun ekosistem digital nasional.

"Digital talent yang kita miliki di luar negeri memang harus diundang untuk kembali ke Tanah Air," ujar Jokowi saat acara Peresmian Sea Labs Indonesia seperti disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (1/3/2022).

Jokowi pun mengapresiasi Sea Indonesia yang tengah mengupayakan para talenta digital untuk segera kembali ke Indonesia. Dia berharap ke depan Indonesia bisa berperan besar dan tidak hanya menjadi pasar ekonomi digital.

"Saya sangat menghargai apa yang dilakukan Sea Indonesia yang banyak mengundang digital talent untuk kembali ke Tanah Air. Tadi saya dibisiki, pada tahun 2023, akan diundang sekitar 1.000 orang yang bisa kembali untuk bekerja di Sea Labs Indonesia," tuturnya.

"Saya tidak ingin Indonesia hanya menjadi pasar saja, Indonesia harus jadi pemain. Oleh karenanya, ekosistem yang kondusif harus dibangun sama-sama," sambungnya.

Menurut Jokowi, Indonesia sendiri memiliki potensi pasar digital ribuan triliun pada 2030. Karena itu, Presiden berharap para talenta digital bisa kembali ke Tanah Air.

"Potensi digital Indonesia diperkirakan mencapai Rp4.531 triliun pada 2030, kan besar sekali. Dan perkiraan itu saya kira tak melesak jauh-jauh. Harapan saya pulang semua saja lah. Di sini banyak kesempatan dan perusahaan gede," tukasnya.

BERITA TERKAIT