test

News

Jumat, 11 Februari 2022 18:04 WIB

Satgas Minta Mobilitas Warga di Jakarta-Banten-Jabar Diperketat

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito. (Foto: PMJ News/BNPB).

PMJ NEWS -  Satgas Penanganan Covid-19 menghimbau Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, Banten hingga Jawa Barat untuk serius dalam membatasi mobilitas masyarakat.

"Karena keberhasilan di wilayah ini akan menentukan perlindungan untuk wilayah lain yang kasusnya belum meningkat," kata Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam keteranganya, Jumat (11/2/2022).

Dikatakan Wiku, lolosnya orang terkonfirmasi positif dari ketiga daerah tersebut bisa berdampak pada peningkatan kasus di daerah lainnya.

"Begitu juga dengan daerah yang berada di dalam satu kawasan aglomerasi," jelasnya.

Karena itu, salah satu upaya mencegah penularannya yaitu melakukan testing kepada pelaku perjalanan. Sebab, testing mampu menentukan mobilitas yang aman karena orang yang terkonfirmasi positif dapat diketahui dengan cepat.

Upaya lainnya yaitu dengan cara memperketat pengawasan pelaku perjalanan khususnya untuk fasilitas transportasi jarak jauh seperti pesawat dan kapal. Penggunaan aplikasi Peduli Lindungi sebagai bentuk screening juga diperlukan dalam mobilitas jarak dekat.

"Meskipun berat, pemerintah daerah harus mengusahakan agar tidak ada lagi penambahan kasus dalam dua minggu ke depan, atau kenaikan kasusnya sama dengan nol," jelasnya.

BERITA TERKAIT