test

Regional

Senin, 7 Februari 2022 14:35 WIB

Ratusan Rumah di Pemalang Terdampak Banjir, 504 KK Mengungsi

Editor: Ferro Maulana

Banjir di Pemalang. (Foto: Dok Net/ Istimewa).

PMJ NEWS - Ratusan rumah di wilayah Desa Tasikrejo, Kabupaten Pemalang, Jawa Tengah, terdampak banjir pada Minggu (6/2/2022) kemarin.

Banjir terjadi pada Minggu sore pukul 17.30 WIB pasca hujan dengan intensitas tinggi mengguyur wilayah tersebut.

"Ada 504 KK mengungsi terdampak dari banjir dengan ketinggian muka air 10 sampai 15 sentimeter," ucap Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari melalui siaran pers tertulisnya, Senin (7/2/2022).

Selain itu, banjir juga menyebabkan, beberapa infrastruktur tergenang. Misalnya, empat fasilitas pendidikan, 50 hektar tambak, 155 hektar sawah, dan 5 hektar kebun melati.

Menurut Abdul Muhari, untuk mempercepat penanganan darurat, tim gabungan yang terdiri dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pemalang, TNI/Polri dan perangkat desa langsung melakukan evakuasi dengan perahu karet dan kaji cepat, serta pengamanan di sekitar lokasi terdampak.

Sebagai informasi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan prakiraan cuaca untuk Kabupaten Pemalang akan mengalami hujan ringan hingga sedang pada Senin (7/2/2022) hingga Rabu (9/2/2022).

Sedangkan, untuk wilayah Jawa Tengah lainnya berpotensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang. 

BERITA TERKAIT