test

News

Senin, 17 Januari 2022 14:05 WIB

Menteri Agama Siapkan Tiga Skema Pemberangkatan Haji 2022

Editor: Hadi Ismanto

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas saat rapat di DPR RI. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Menteri Agama (Menag), Yaqut Cholil Qoumas menyebut pihaknya tengah mempersiapkan tiga skema pemberangkatan haji 2022, apabila nantinya mendapatkan izin dari pemerintah Arab Saudi.

Penyataan tersebut disampaikan Menag Yaqut di depan anggota dewan saat mengikuti rapat dengan Komisi VIII DPR RI di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1/2022).

"Pemerintah melakukan mitigasi penyelenggaraan ibadah haji dengan mengambil tiga opsi, yaitu pertama kuota penuh, kuota terbatas dan tidak memberangkatkan jemaah haji sama sekali, sebagaimana dua tahun yang lalu," jelas Yaqut.

Yaqut mengaku, pemerintah Indonesia juga terus berupaya agar pemberangkatan jemaah haji dengan kuota penuh di tahun 2022. "Pemerintah sampai saat ini tetap bekerja untuk menyiapkan opsi pertama dengan kuota penuh," ujarnya.

Demi merealisasikan rencana tersebut, lanjut Yaqut, pihaknya masih terus berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi untuk memastikan pemberangkatan calon jemaah haji asal Indonesia di tahun ini.

"Dalam rangka memperoleh kuota haji kami telah dan terus berkoordinasi dengan Kementerian Haji Arab Saudi, namun Pemerintah Arab Saudi belum bisa melakukan pembicaraan terkait dengan penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/2022 M," kata Yaqut.

Yaqut menambahkan, hingga saat ini Kemenag belum mendapat kepastian ada tidaknya pemberangkatan jemaah haji di tahun ini.

BERITA TERKAIT