test

News

Rabu, 12 Januari 2022 09:07 WIB

Seluruh Puskesmas di Jakarta Disiapkan untuk Layani Vaksinasi Booster

Editor: Hadi Ismanto

Vaksin mampu mengurangi tingkat keparahan Covid-19. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi)

PMJ NEWS - Pemerintah rencananya mulai memberikan vaksin booster kepada masyarakat pada 12 Januari 2022. Vaksinasi lanjutan ini akan menggunakan vaksin Coronavac (Sinovac), AstraZeneca, Moderna, Pfizer, dan Zifivak.

Untuk melayani vaksinasi dosis ketiga ini, Dinkes Pemprov DKI Jakarta menyiapkan seluruh Puskesmas di wilayah Ibu Kota. Vaksin ini diprioritaskan bagi masyarakat lanjut usia (lansia) dan kelompok rentan.

"Kami siapkan sesuai dengan kesiapan kami di lapangan, untuk menginformasikan bahwa Puskesmas siap menerima vaksinasi booster pada lansia," ungkap Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Widyastuti kepada wartawan, Selasa (11/1/2022).

Widyastuti mengatakan, pihaknya akan menyiapkan skema untuk vaksinasi para lansia. Nantinya, mereka dapat mendatangi Puskesmas di wilayah masing-masing.

"Nanti kami lihat seberapa banyak sasaran bisa sempat hadir, karena dibutuhkan alur yang lebih rapi karena kasihan lansia kalau tidak diatur dengar rapi. Intinya teman-teman Puskesmas sudah siap," tuturnya.

Diberitakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan vaksin booster atau dosis ketiga akan diberikan secara gratis ke seluruh rakyat Indonesia. Namun saat ini yang diprioritaskan adalah tenaga kesehatan, lansia, dan kelompok rentan lainnya.

"Saya telah memutuskan pemberian vaksin ketiga ini gratis bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena keselamatan rakyat adalah yang utama," ujar Jokowi seperti dilihat dari kanal YouTube Sekretariat Presiden.

BERITA TERKAIT