test

News

Kamis, 3 Desember 2020 12:04 WIB

24 Orang Positif Covid-19 Dari Pelacakan Kontak Anies dan Riza Patria

Editor: Hadi Ismanto

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi DKI Jakarta mencatat ada 24 orang positif Covid-19 dari hasil pelacakan kontak (tracing) Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Ahmad Riza Patria.

"Kami menegaskan bahwa mereka yang terkonfirmasi positif dari hasil pelacakan kontak tidak menentukan sumber penularannya adalah Gubernur ataupun Wakil Gubernur," ungkap Kepala Dinkes DKI Jakarta, Widyastuti dalam keterangannya, Rabu (2/12/2020).

Menurut dia, pihaknya telah melakukan pemeriksaan terhadap 158 kontak erat Anies selama periode tracing pada 1 Desember dan pemeriksaan 279 kontak erat Riza Patria pada periode 28 November-1 Desember.

Dari pemeriksaan kontak erat Anies, hasilnya ada lima orang positif Corona, 111 lainnya negatif, dan 42 orang masih menunggu hasil. Sedangkan pemeriksaan kontak erat Riza, hasilnya adalah 19 positif, 185 negatif, dan 75 orang lainnya masih menunggu hasil.

Saat ini, Widyastuti menjelaskan belum ada temuan kasus positif di antara mereka yang berinteraksi langsung dengan Gubernur, baik dari keluarga maupun tim kerja, setelah Gubernur dikonfirmasi positif.

"Beberapa kasus ditemukan bahwa periode penularan sebelum berinteraksi dengan Gubernur dan merupakan bagian dari klaster keluarga masing-masing. Kami mendata ada klaster terpisah yang ditemukan dari tes masif di lingkungan kerja Gubernur dan Wakil Gubernur," kata dia.

Widyastuti juga berharap masyarakat dapat melaporkan ke Puskesmas untuk dilakukan tes usap PCR secara gratis, apabila termasuk kontak erat Anies maupun Riza Patria.

"Pemprov DKI Jakarta berkomitmen penuh dalam pengendalian wabah Covid-19 di DKI Jakarta dengan melakukan kegiatan testing, tracing, dan treatment secara masif," tukasnya.

BERITA TERKAIT