News

Kamis, 14 Januari 2021 18:01 WIB

Dinkes DKI Jakarta Pastikan Vaksin Covid -19 Telah Terdistribusi

Editor: Hadi Ismanto

Bio Farma mulai mendistribusikan vaksin Covid-19 Sinovac. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS - Pemprov DKI Jakarta akan melaksanakan program vaksinasi mulai 15 Januari 2021. Pihak Dinas Kesehatan pun memastikan vaksin tersebut telah terdistribusi ke sejumlah puskesmas. Pendistribusian vaksin dilakukan sejak Rabu (13/1/2021).

"Kami distribusikan sesuai jadwal, jadi kita memakai konsep wilayah. Di DKI Jakarta ada 5 kota dan kabupaten," ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta, Widyastuti dalam konferensi pers yang disiarkan secara virtual, Kamis (14/1/2021).

"Kami jadwalkan mulai jam 7 pagi datang di Dinkes dengan bawa alat berstandar sehingga kualitas vaksin terjaga, suhu terjaga datang bersama teman-teman puskesmas," sambungnya.

Widyastuti menyatakan tidak ada kendala berarti dalam pengiriman vaksin di wilayah DKI Jakarta. Bahkan, ia mengungkapkan proses distribusi selesai dalam waktu 24 jam.

"Alhamdulillah DKI secara geografi mudah, sehingga kami dengan cepat bisa dalam sehari selesai distribusi sampai dengan puskesmas. Masing-masing puskesmas datang bersama sudin mendapatkan sejumlah vaksin sesuai data yang diterima dinkes sesuai kota tadi," tuturnya.

Menurut Widyastuti, proses pengiriman vaksin di wilayah DKI Jakarta tetap sesuai aturan yang berlaku. Pengiriman juga dikawal oleh jajaran Polda Metro Jaya, sehingga dipastikan vaksin sampai dalam kondisi baik dan aman.

"Pada saat pengiriman kami dibantu jajaran Polda Metro Jaya yang mengawal betul vaksin ini sampai di tempat tujuan dengan aman. Jadi sampai saat ini vaksin terdistribusi di puskesmas masing-masing," tukasnya.

Saat ini sudah ada 44 puskesmas yang telah terakreditasi baik selama melaksanakan program vaksinasi di DKI Jakarta. Penyaluran vaksin dari puskesmas kepada sejumlah fasilitas kesehatan (faskes) lainnya menjadi wewenang tiap wilayah.

BERITA TERKAIT