test

News

Selasa, 28 Desember 2021 15:20 WIB

Naik Perahu Naga, Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Ladongi di Sultra

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara. (Foto: PMJ News/BPMI Setpres).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (28/12/2021). Kali ini Kepala Negara menyampaikan pernyataan peresmian sambil menumpangi perahu naga di bendungan tersebut.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim Bendungan Ladongi di Kabupaten Kolaka Timur, Provinsi Sulawesi Tenggara pada hari ini saya nyatakan diresmikan," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan, Bendungan Ladongi berkapasitas 45,9 juta meter kubik dengan luas lahan 222 hektar. Bendungan ini nantinya akan bisa mengairi sawah-sawah di sejumlah kabupaten di sekitarnya seperti Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, dan Kolaka.

Presiden berharap kehadiran bendungan tersebut bisa memenuhi kebutuhan air untuk pertanian dalam rangka mendukung kemandirian, kedaulatan, dan ketahanan pangan.

"Tanpa air tidak mungkin kita bisa mencapai yang namanya ketahanan pangan yang baik, kedaulatan pangan yang baik, dan kemandirian pangan yang baik," tuturnya.

Di samping sebagai fungsi irigasi bagi empat kabupaten di sekitarnya, lanjut Jokowi, bendungan ini juga memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata, terutama wisata air.

"Tadi saya mencoba memakai perahu, mendayung, karena memang arahnya waduk ini juga bisa dipakai sebagai tempat wisata sehingga ini menjadi tanggung jawab kabupaten maupun provinsi untuk nanti pengembangan selanjutnya," tukasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam kegiatan tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Gubernur Sulawesi Tenggara Ali Mazi, dan Pj. Bupati Kolaka Timur Sulwan Aboenawas.

BERITA TERKAIT