test

News

Selasa, 30 November 2021 12:05 WIB

Mulai Besok, Indonesia Dapat Kirim Jemaah Umroh ke Arab Saudi

Editor: Ferro Maulana

Ibadah Umroh dan Haji. (Foto: Dok Net).

PMJ NEWS - Kerajaan Arab Saudi siap membuka pintu umrah untuk Indonesia. Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas mengungkapkan, Arab Saudi sudah mencabut larangan penerbangan dari enam negara. Salah satunya Indonesia terhitung mulai besok Rabu (1/12/2021).

"Sebagaimana kita tahu telah mengumumkan pada hari Kamis 25 November 2021 bahwa terhitung 1 Desember 2021 atau besok pagi memberikan izin penerbangan langsung kepada enam negara. Yaitu, Indonesia Pakistan, Vietnam, Brazil, Mesir dan India," tutur Yaqut dalam rapat kerja Komisi VIII DPR RI, di Jakarta, Selasa (30/11).

Dengan dicabutnya larangan penerbangan tersebut, berarti Indonesia telah dapat mengirim jemaah umroh ke Arab Saudi.

"Hal ini menunjukkan bahwa suspend Arab Saudi terhadap Indonesia telah dicabut. Warga Indonesia telah diperbolehkan masuk ke Arab Saudi tanpa melalui negara ketiga,” tuturnya.  

“Dengan pembukaan suspend tersebut maka otomatis penyelengaraan ibadah umroh juga dibuka," tambah Yaqut.

Yaqut melanjutkan, pembukaan pintu oleh Arab Saudi bagi penerbangan dari Indonesia adalah hasil lobi-lobi dengan pemerintah kerajaan Saudi.

Dalam lawatannya ke Arab Saudi memenuhi undangan Menteri Urusan Islam, Dakwah, dan Penyuluhan Kerajaan Arab Saudi, Menag RI sekaligus bertemu dengan menteri urusan haji dan umroh.

BERITA TERKAIT