test

Hukrim

Kamis, 9 Juli 2020 14:15 WIB

Terpanas Tahun Ini, Suhu di Arab Saudi Capai 50 Derajat

Editor: Hadi Ismanto

Suhu di wilayah Al Asha, Arab Saudi tercatat sebagai yang terpanas di dunia (Foto; Al Arabiya)

PMJ - Suhu di wilayah Al Asha, Arab Saudi tercatat sebagai yang terpanas di dunia, pada Senin (6/7) lalu. Saat itu, suhu mencapai 50 derajat celcius. Al Ahsa sendiri merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Banyak warga setempat harus berjuang untuk melepaskan diri dari panasnya suhu. Al Ahsa, yang terletak di provinsi timur Kerajaan Arab Saudi, adalah salah satu oasis pertanian alami terbesar di dunia.

Wilayah ini mengalami gelombang panas hebat tahun ini karena dikelilingi oleh gurun Jafurah. Demikian disampaikan pakar klimatologi di King Faisal University Afnan al-Mulhem kepada Al Arabiya, Rabu (8/7/2020).

Iklimnya membuat kondisinya lebih sempurna untuk memanen kurma dan buah lain, termasuk buah ara dan lemon.

Untuk membantu mengurangi panas di musim panas ini, dua juta pohon palem ditanam di sekitar Al Ahsa, yang menciptakan sabuk hijau perkotaan.

Menurut Abdulaziz al-Rashood, langkah itu juga memberi petani lebih banyak lahan yang dapat diakses untuk memanen tanaman musim panas mereka.

Sementara itu, Organisasi Meteorologi Dunia (WMO) pernah mencatat suhu tertinggi yang tercatat di benua Asia terjadi di Mitribah, Kuwait, yang mencapai 54 derajat Celcius pada tahun 2016.

Adapun suhu terpanas di dunia yang pernah dicatat WMO adalah di Furnace Creek, Death Valley, California. Suhunya mencapai 56,7 derajat Celcius, dan terjadi pada 10 Juli 1913.(Hdi)

BERITA TERKAIT