test

Kesehatan

Selasa, 2 November 2021 10:20 WIB

5 Manfaat Bawang Merah Bagi Kesehatan, Turunkan Kolesterol Hingga Jaga Imun

Editor: Hadi Ismanto

Bawang merah bermanfaat bagi kesehatan tubuh. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Bawang merah termasuk salah satu bumbu dapur yang sering kali ditambahkan untuk penyedap rasa makanan. Bawang merah sering kali diiris tipis lalu digoreng garing dan digunakan sebagai taburan di berbagai hidangan.

Namun selain sebagai bumbu penyedap makanan, bawang merah ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Bumbu dapur dengan nama latin Allium cepa L ini mengandung antibakteri dan antiseptik yang mampu menjaga kesehatan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (2/11/2021), berikut beberapa manfaat bawang merah untuk kesehatan.

1. Menurunkan Kolesterol
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Hal ini terbukti pada wanita yang mempunyai kelebihan berat badan dengan polycystic ovary syndrome (PCOS), mempunyai tingkat kolesterol jahat yang rendah setelah mengonsumsi bawang merah, dibandingkan dengan yang tidak mengonsumsi bawang merah.

2. Menyehatkan Jantung
Bawang merah mempunyai kandungan sufida methylallyl dan asam amino sulfur yang sangat berguna untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Bukan hanya itu, bawang merang juga mampu mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat. Dengan begitu aliran darah pun akan lancar, sehingga sistem kerja jantung bisa berjalan dengan optimal.

3. Meningkatkan Kepadatan Tulang
Manfaat bawang merah dapat meningkatkan kepadatan tulang. Dalam hal ini, bawang merah dipercaya mampu mencegah terjadinya pengeroposan tulang atau osteoporosis.

Bukan hanya itu, bawang merah juga bermanfaat untuk menjaga massa tulang tetap baik dan normal. Selagi masih muda, banyak mengonsumsi bawang merah bisa menjadi pilihan baik untuk menurunkan risiko gangguan tulang dan sendi di masa tua.

4. Meningkatkan Imunitas
Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama adalah mampu meningkatkan sistem imun tubuh. Hal ini didapatkan dari kandungan selenium yang mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dengan daya tahan tubuh yang kuat, berbagai ancaman virus, bakteri dan kuman penyebab penyakit tidak mudah masuk ke dalam tubuh. Sehingga tubuh menjadi lebih terlindungi dari berbagai serangan penyakit.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Bawang merat ternyata juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Kandungan sulfur yang terdapat dalam bawang merah, mampu meningkatkan kesehata mata.

Zat tersebut mampu merangsang produksi protein yaitu glutathione, yang berperan sebagai antioksidan. Vitamin E yang terkandung pada bawang merah sangat baik untuk mata. Untuk itu, bawang merah baik dikonsumsi sejak dini agar kesehatan mata dapat terjaga.

BERITA TERKAIT