test

Kesehatan

Rabu, 9 Juni 2021 10:35 WIB

5 Kebiasaan Sederhana untuk Menjaga Imunitas Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Tetap jaga kesehatan tubuh agar terhindar dari penularan berbagai penyakit. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hdi).

PMJ NEWS - Hingga kini penyebaran Covid-19 masih tergolong masif. Menjaga imunitas atau kekebalan tubuh menjadi salah satu cara agar terhindar dari virus Corona.

Sejatinya, menjaga kekebalan tubuh pun tidak sulit. Beberapa perubahan pola makan dan gaya hidup dapat memperkuat pertahanan alami tubuh serta membantu melawan patogen berbahaya atau organisme penyebab penyakit.

Seperti dilansir laman Feminaindia, Rabu (9/7/2021), berikut lima kebiasaan sehat yang bisa diterapkan di rumah untuk menjaga imunitas tubuh.

1. Kumur dengan Minyak Kelapa Murni
Mulut adalah rumah bagi jutaan mikroba, termasuk bakteri, proses kumur-kumur minyak kelapa murni membantu menyingkirkan bakteri ini melalui sela-sela gigi. Ini tidak hanya meningkatkan kebersihan mulut, tapi juga membantu kesehatan.

Minyak kelapa murni yang diperas dingin adalah makanan super yang direkomendasikan karena segudang manfaat kesehatannya. Ini adalah sumber yang kaya asam laurat alami dan mengandung Vitamin E yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Minyak tersebut mengandung asam laurat dan asam kaprilat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan memiliki sifat anti-virus. Oleh karena itu, menambahkan 2 sendok minyak kelapa murni ke makanan setiap hari dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

2. Tambahkan Berbagai Sayuran ke Makanan
Buat dan sajikan makanan dalam piring seperti menyerupai pelangi. Maksudnya adalah buah-buahan dan sayuran musiman yang segar, berwarna, kacang-kacangan, sumber protein seperti telur, kecambah, dan susu rendah lemak.

Nutrisi yang didapat dari makanan sangat penting untuk menjaga sistem kekebalan tubuh kita berfungsi dengan baik. Nutrisi dan antioksidan yang dapat membantu melawan patogen berbahaya.

Antioksidan dalam makanan ini membantu mengurangi peradangan dengan memerangi senyawa tidak stabil yang disebut radikal bebas.

3. Konsumsi Kopi Hijau
Tidak seperti kopi pada umumnya, biji kopi hijau adalah biji kopi mentah yang tidak dipanggang sehingga mempertahankan asam klorogenik (CGA).

Asam klorogenik membantu menurunkan berat badan dan membantu mengurangi lemak tubuh dan hormon terkait obesitas serta mengurangi sintesis asam lemak dan kolesterol.

Ini juga mengurangi penyerapan karbohidrat, sehingga menurunkan gula darah dan lonjakan insulin, menurunkan risiko Diabetes Tipe-2.

4. Konsumsi Madu
Madu adalah pemberi energi terbaik. Memiliki sifat antibakteri dan antiseptik. Mengidentifikasi madu murni menjadi semakin penting karena manfaat kesehatan ini akan muncul hanya jika madu Anda murni.

Namun harus hati-hati, banyak madu palsu yang beredar di pasaran. Madu palsu memiliki kadungan gula yang tinggi.

5. Olahraga dan Cukupi Tidur
Kebiasaan baik seperti joging dan olahraga dapat menjaga kekebalan tubuh. Selain itu, menjaga mood Anda agar tetep ceria dan hindari stres merupakan kunci dari kesehatan tubuh.

Barengi juga dengan kebiasaan sederhana seperti tidur yang cukup dan air putih akan meningkatkan kinerja Anda secara keseluruhan. Hal ini jika diterapkan akan menjadi hal yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

BERITA TERKAIT