test

Kesehatan

Senin, 4 Januari 2021 10:02 WIB

Waspada, Lima Gejala Strain Baru Ini Wajib Ditangani Segera

Editor: Hadi Ismanto

CDC menerbitkan lima gejala peringatan darurat Covid-19 baru. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Strain baru Covid-19 memang tidak lebih berbahaya daripada sebelumnya, namun secara signifikan lebih mudah menular. Untuk melindungi mereka yang paling berisiko, penting untuk mengetahui gejala peringatan Covid-19 dengan mengisolasi diri.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) menerbitkan lima gejala peringatan darurat Covid-19. Jika seseorang menunjukkan salah satu dari gejala ini, CDC mendesak mereka untuk segera mencari perawatan medis darurat.

Adapun gejala daruratnya seperti kesulitan bernapas, nyeri atau tekanan yang terus-menerus di dada, kebingungan baru, ketidakmampuan untuk bangun atau tetap terjaga dan bibir atau wajah kebiruan.

"Daftar ini tidak semuanya merupakan gejala yang mungkin. Hubungi penyedia medis Anda untuk gejala lain yang parah atau mengkhawatirkan Anda," demikian saran CDC seperti dilansir laman Express, Senin (4/1/2020).

Sementara, National Health Service (NHS) menyebut gejala utama Covid-19 di antaranya suhu tinggi, yang mana merasa panas saat disentuh di dada atau punggung. Batuk baru terus-menerus dengan durasi lebih dari satu jam, atau tiga episode batuk dalam 24 jam.

Gejala utama lainnya adalah kehilangan atau perubahan pada indera penciuman atau perasa. Di mana Anda tidak dapat mencium atau merasakan apa pun, atau hal-hal yang berbau atau rasa berbeda dari biasanya.

"Kebanyakan orang dengan virus corona memiliki setidaknya satu dari gejala ini," ungkap NHS.

Kendati begitu, penelitian belum sepenuhnya menetapkan sifat mutasi strain baru tetapi data awal menunjukkan strain ini jauh lebih dapat ditularkan daripada mutasi sebelumnya.

Varian ini 56 persen lebih dapat ditularkan daripada jenis lainnya, menurut sebuah studi baru oleh Pusat Pemodelan Matematika Penyakit Menular di London School of Hygiene and Tropical Medicine.

Studi itu memprediksi strain baru ini kemungkinan akan menyebabkan tingkat rawat inap dan kematian yang lebih tinggi tahun depan. Menurut Public Health England (PHE), cara pengendalian sama yakni menerapkan 3M.

"Saat ini kami tidak memiliki bukti bahwa strain tersebut lebih mungkin menyebabkan penyakit parah atau kematian, tetapi kami melanjutkan penyelidikan untuk memahami hal ini dengan lebih baik," tulis pernyataan PHE.

BERITA TERKAIT