test

Kesehatan

Selasa, 5 Januari 2021 10:02 WIB

5 Bahaya Terlalu Lama Menatap Layar, Penglihatan Buram Hingga Leher Tegang

Editor: Hadi Ismanto

Dampak kesehatan saat menatap layar terlalu lama. (Foto: PMJ News/Dok Net)/

PMJ NEWS - Terkadang seseorang tidak menyadari telah menghabiskan waktu di depan layar laptop atau gadget lainnya, apalagi selama masa pandemi Covid-19. Padahal, aktivitas ini tidak baik untuk kesehatan.

American Optometric Association (AOA) menyebut terlalu banyak menghabiskan waktu di depan layar dapat menyebabkan mata tegang, sehingga membuat ketidaknyamanan mata dan masalah penglihatan.

Seperti dilansir dari The Healthy, Selasa (5/1/2021), berikut dampak kesehatan mata jikaterlalu lama menatap layar.

1. Kurang berkedip
Anda akan cenderung lebih jarang berkedip saat menggunakan perangkat elektronik atau menonton TV. Secara khusus, menatap layar elektronik dapat memengaruhi seberapa sering Anda berkedip dan apakah kelopak mata menutup sepenuhnya saat Anda berkedip.

Sebuah studi 2015 yang diterbitkan dalam jurnal Investigative Ophthalmology & Visual Science menemukan, orang kedip lebih sedikit dan cenderung tidak menutup mata sepenuhnya ketika berkedip saat membaca di perangkat elektronik, seperti tablet dan ponsel.

2. Mata kering
Jarang berkedip saat menatap layar komputer atau ponsel dapat membuat mata kering dan terasa seperti terbakar. “Berkedip menjaga permukaan depan mata Anda tetap lembab," ungkap Barbara Horn, seorang ahli optometri di Georgetown, Carolina Selatan, AS.

Dia menyarankan untuk meningkatkan kelembapan udara di rumah dan di tempat kerja (jika memungkinkan). Selain itu, minumlah air sepanjang hari agar tetap terhidrasi, ini bermanfaat bagi tubuh Anda, termasuk mata.

Seringlah berkedip secara sadar selama menatap layar, terutama jika mata mulai terasa kering. Ada kondisi yang disebut mata kering, yaitu saat air mata Anda tidak mencukupi atau berkualitas buruk, menurut AOA.

3. Penglihatan kabur
Terlalu lama menatap layar akan menyebabkan pandngan menjadi kabur. "Melihat komputer atau layar digital berbeda dari membaca halaman yang dicetak. Seringkali huruf di komputer atau gadget tidak tepat, tingkat kontras huruf kurang, dan silau," jelas Horn.

4. Mata sulit fokus
Membaca di layar tablet ataupun ponsel dapat membuat mata Anda sulit fokus. Horn menyarankan untuk memegang ponsel atau tablet Anda jauh dari wajah Anda. Buat font lebih besar dan sesuaikan kecerahan sesuai dengan ruangan.

5. Leher kaku dan rahang sakit
Setelah menatap layar digital selama 8 jam, Anda mungkin mengalami gejala, seperti leher kaku dan rahang kaku. "Hal ini bisa langsung dikaitkan dengan ketegangan mata digital," kata Karpecki.

"Kami memiliki sesuatu yang disebut saraf trigeminal yang pada dasarnya berfungsi sebagai jalan tol yang menghubungkan mata kita ke pelipis dan rahang kita," sambungnya.

BERITA TERKAIT