test

Kesehatan

Sabtu, 9 Januari 2021 11:04 WIB

Selain Sehat, 4 Minuman Ini Bikin Hangat Tubuh Saat Musim Hujan

Editor: Hadi Ismanto

Kayu manis tinggi antioksidan dan bantu mengontrol kadar gula darah dan memiliki sifat anti-inflamasi cocok dicampur ke kopi. (Foto: PMJ News/Istimewa)

PMJ NEWS - Sejumlah daerah telah memasuki musim penghujan. Kondisi seperti ini seringkali membuat tubuh manusia rentan terserang berbagai penyakit karena cuaca cenderung lebih dingin.

Untuk membantu menghangatkan diri, biasanya kita minum minuman panas. Tapi ada baiknya membuat minuman panas yang sehat. Selain akan menjadikan tubuh hangat, Anda pun bisa memperoleh sejumlah manfaat lain.

Seperti dilansir berbagai sumber, Sabtu (9/1/2021), berikut sejumlah rekomendasi minuman panas sehat yang cocok dinikmati selama musim hujan.

1. Teh Jahe
Anda bisa membuatnya sendiri dengan menambahkan beberapa irisan jahe ke air mendidih. Jika rasanya terlalu kuat, tambahkan madu atau lemon.

Dilansir dari laman AsiaOne, jahe baik untuk sistem pencernaan, membakar lemak, menenangkan otot yang lelah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Sementara, teh membantu mengatasi masalah pernapasan, baik itu flu biasa atau alergi lingkungan. Di samping itu, secangkir teh jahe dengan madu membantu meredakan kram menstruasi.

2. Kopi kayu manis
Ini adalah salah satu cara untuk membuat minuman harian Anda lebih sehat - tambahkan kayu manis sebagai pengganti gula. Tidak hanya mengurangi asupan gula, Anda juga mendapatkan manfaat kayu manis.

Kayu manis tinggi antioksidan, bantu mengontrol kadar gula darah dan memiliki sifat anti-inflamasi. Rasanya juga cocok dengan kopi. Aduk sedikit kayu manis atau masukkan batang kayu manis ke dalam minuman Anda

3. Cokelat panas
Cokelat panas dapat menjadi minuman sehat jika Anda membuatnya dengan benar. Kakao kaya akan sumber katekin (antioksidan yang meningkatkan sistem kekebalan Anda) dan flavonoid (antioksidan kuat yang mengurangi peradangan).

Saat kakao dipanaskan, panasnya memicu semua hal baik di dalamnya dilepaskan dengan lebih efektif. Anda juga bisa membuat sendiri dengan melelehkan sedikit cokelat (dark chocolate) dalam susu rendah lemak.

4. Susu almond rempah
Susu almond rempah menjadi cara sempurna untuk mengakhiri hari yang sejuk dan Anda bahkan tidak perlu meninggalkan rumah untuk menikmatinya.

Panaskan saja susu almond dan campurkan beberapa rempah seperti kayu manis dan pala, tetapi pilihan lain termasuk kunyit, madu atau bahkan vanila untuk rasa yang lebih lembut.

Susu almond memiliki kalori lebih sedikit daripada susu sapi dan juga tidak ada kolesterol. Untuk hasil yang lebih sehat, gunakan versi tanpa pemanis.

BERITA TERKAIT