test

News

Senin, 21 Juni 2021 10:05 WIB

5 Cara Mudah Tingkatkan Imunitas Saat Jalani Isolasi Mandiri

Editor: Hadi Ismanto

Lima cara mudah demam dapat diturunkan dalam semalam. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Saat menjalankan isolasi mandiri, meningkatkan sistem imunitas adalah kunci utama supaya segera sembuh dari Covid-19. Selain itu, hindari stres ataupun rasa malu.

Namun, satu hal yang harus ditekankan juga bahwa saat menjalankan isolasi mandiri bukan alasan untuk bermalas-malasan.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Senin (21/6/2021), berikut beberapa cara meningkatkan sistem imun tubuh ketika menjalankan isolasi mandiri.

1. Olahraga
Olahraga kecil atau beraktivitas fisik memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh. Studi menunjukkan individu yang bugar dan rajin berolahraga memiliki risiko terkena infeksi lebih rendah.

Aktivitas fisik juga membuang bakteri di paru-paru, sehingga mengurangi risiko terkena flu, demam, batuk, dan pilek.

2. Meditasi
Kesehatan mental dan pikiran juga bisa berpengaruh pada kesehatan fisik. Anda pasti tahu, isolasi mandiri di rumah sendirian tanpa kawan bicara atau bertemu orang lain bisa membuat orang jadi stres.

Oleh karena itu, selain memerhatikan kesehatan fisik, jangan lupa perhatikan kesehatan mental, salah satunya dengan meditasi. Studi terbaru mendapati, meditasi dapat membantu sistem kekebalan tubuh bekerja secara optimal.

3. Tidur Cukup
Tidur yang cukup memberi ruang untuk sistem kekebalan tubuh bekerja optimal. Orang dewasa disarankan untuk tidur 7-8 jam sehari.

Saat kurang tidur, tubuh akan cenderung lelah dan stres sehingga membuat sistem imun melemah. Tidur siang selama 30 menit juga dapat meredakan stres dan baik untuk kesehatan.

4. Cukupi Minum
Sangat penting untuk Anda agar tetap terhidrasi dengan baik. Perbanyak minum air putih saat isolasi dibanding jenis minuman lainnya. Jika bosan, tambahkan potongan lemon, jeruk, atau buah lainnya untuk memberi rasa.

5. Beinteraksi dengan Orang Lain
Isolasi mandiri bukan berarti Anda terisolir. Hanya ruangan yang membedakan Anda. Anda masih bisa menghubungi teman, keluarga, bahkan kekasih hanya sekadar untuk ngobrol. Ini akan meningkatkan sistem imunitas Anda.

BERITA TERKAIT