test

Kesehatan

Selasa, 15 Juni 2021 10:05 WIB

5 Kebiasaan Harian yang Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh

Editor: Hadi Ismanto

Sejumlah kebiasaan sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Di masa pandemi Covid-19, menjaga imunitas tubuh menjadi salah satu cara agar tidak terpapar virus Corona. Namun, tanpa disadari terkadang kebiasaan buruk bisa menurunkan kekebalan tubuh.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Selasa (15/6/2021), berikut lima kebiasaan harian yang dapat melemahkan imunitas tubuh dan mengganggu kesehatan.

1. Konsumsi Makanan Olahan
Pola makan memainkan peran penting pada imun tubuh. Makanan yang kaya akan karbohidrat olahan, ditambah gula dan garam dapat menyulitkan sistem kekebalan tubuh untuk melakukan tugasnya.

Pada akhirnya, makanan olahan ini akan menyerang bakteri baik di dalam usus.

2. Stres
Stres memiliki dampak langsung pada fungsi sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences menemukan bahwa orang yang mengalami stres kronis lebih mungkin untuk menderita flu setelah terkena virus.

Oleh karena itu, tetaplah melakukan hal yang Anda suka meski itu dilakukan dari rumah. Pikiran yang tenang akan membawa dampak positif pada imun.

3. Tidak Cukup Tidur
Saat tidur tubuh melepaskan sitokin, protein yang melindungi tubuh dari infeksi dan peradangan. Jika Anda tidak tidur, tubuh tidak dapat memproduksi cukup sitokin sehingga mempersulit sistem kekebalan untuk melawan bakteri dan virus.

Jadi, usahakan agar mendapatkan tidur malam yang cukup, yakni 7-9 jam perhari untuk memperkuat imunitas tubuh.

4. Merokok
Merokok mempengaruhi lapisan mukosa saluran pernapasan. Merokok membuat tubuh memproduksi lendir yang berlebihan sehingga mempersempit saluran pernapasan.

5. Kurang olahraga
Berdasarkan sebuah penelitian, olahraga secara teratur meningkatkan imunitas. Olahraga dapat meningkatkan antibodi dan sel darah putih, yang memungkinkan tubuh untuk melawan infeksi.

BERITA TERKAIT