test

News

Sabtu, 30 Oktober 2021 17:30 WIB

Karya Pemenang Bhayangkara Mural Festival Akan Dilukis di Depan Mabes Polri

Editor: Ferro Maulana

Penulis: Yeni Lestari

Keterangan Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono. (Foto: PMJ News).

PMJ NEWS -  Bhayangkara Mural Festival 2021 telah resmi dibuka oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara pada Sabtu (31/10/2021). Sebanyak 80 muralis bertanding dalam ajang tersebut.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono menyampaikan festival ini akan dinilai oleh dewan juri yang tidak memiliki kaitan dengan institusi Polri. 

Dalam hal ini, orang-orang yang ahli atau berkecimpung dalam dunia seni yang menjadi dewan juri untuk menilai karya para muralis.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara. (Foto: PMJ News).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara. (Foto: PMJ News).

"Dari juri itu tidak ada polisinya, juri ini dari luar. Namun yang jelas, juri ini sudah kompeten dan memahami mural. Kita pilih dan fasilitasi dewan juri yang memang profesional," kata Argo dalam sambutannya di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri.

Argo menyebut seni mural memberikan ruang kebebasan bagi pembuatnya untuk mengeksplorasikan kreativitas yang dimiliki dengan penuh hasrat dan nilai estetis. 

Maka dari itu, Polri menilai kreativitas para muralis perlu diapresiasi dan dipublikasikan. Sehingga kritik dan masukan yang disampaikan melalui mural dapat menginspirasi semua pihak.

Dalam hal ini, Argo menegaskan, karya para pemenang dalam Bhayangkara Mural Festival 2021 ini akan dilukis ulang di Jalan Layang Non Tol Bus Transjakarta yang berada tepat di depan Mabes Polri, Jakarta Selatan sesuai dengan koordinasi awal bersama Pemprov DKI.

"10 pemenangnya akan menggambar mural lagi di tiang Mabes Polri. Ada 5 tiang yang sudah kami dapatkan izinnya dari Pemprov DKI," tukas Argo. 

"Tiang ini kan tinggi, maka akan dibuat mural di bagian atas dan bawah. Kita berikan ruang, kita bagi tempat bagi para pemenang," tutupnya. 

BERITA TERKAIT