test

News

Selasa, 26 Oktober 2021 15:50 WIB

KPK: 86 Persen Koruptor Alumni Pendidikan Tinggi

Editor: Hadi Ismanto

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron. (Foto: PMJ News/Dok Net).

PMJ NEWS - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku miris dengan banyaknya pejabat yang terjerat kasus korupsi. Apalagi banyak dari mereka yang berpendidikan tinggi.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Nurul Ghufron mengatakan dengan adanya fenomena ini, jenjang pendidikan yang tinggi tidak menjamin seseorang tidak melakukan korupsi.

"Sebanyak 86 persen koruptor merupakan alumni pendidikan tinggi atau S1 ke atas," ujar Nurul Ghufron kepada wartawan, Selasa (26/10/2021).

"Mengapa alumni pendidikan tinggi tidak berintegritas? Karena tidak ada evaluasi terhadap tanggung jawab atau amanah. Sekolah hanya terkait dengan kemampuan tulis, baca, hitung. Ujian nasional menjadi ukuran keberhasilan," jelasnya.

Dengan kondisi ini, Ghufron berharap sekolah mengajarkan sikap antikorupsi sejak dini ke depannya. Pasalnya, para pelajar di Indonesia merupakan cikal bakal pejabat yang harus mempunyai integritas tinggi.

"Pendidikan bukan hanya transfer knowledge tapi meningkatkan kapasitas dan menumbuhkan rasa empati bagi masyarakat," tukasnya.

BERITA TERKAIT