test

Regional

Selasa, 26 Oktober 2021 16:05 WIB

29 Hektar Lahan Rawa dan Kebun Kelapa Sawit di Sumsel Hangus Terbakar

Editor: Ferro Maulana

Kebakaran hutan dan lahan. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi)

PMJ NEWS - Kebakaran hebat menghanguskan 29 hektar lahan rawa dan perkebunan kelapa sawit di Sumatera Selatan. Beruntung, aparat gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ogan Ilir Sumsel berhasil memadamkan api.

Untuk diketahui, Kebakaran lahan yang terjadi di Desa Pulau Semambu seluas 14 hektar dan Palem Raya, Kecamatan Indralaya Utara, seluas 15 hektar pada Senin (25/10/2021) siang kemarin, sejak pukul 13.20 WIB.

Kobaran api akhirnya padam setelah personel satgas BPBD Ogan Ilir melakukan penyiraman air dari darat dan udara pada Senin malam pukul 20.20 WIB.

"Api sudah dapat dipadamkan semalam oleh satgas karhutla yang terdiri dari Daops Manggala Agni, TNI, Polri dan BPBD Provinsi di Ogan Ilir," terang Kepala Pelaksana BPBD Ogan Ilir Ardha Munir kepada wartawan di Indralaya, Selasa (26/10/2021) siang.

Pasca memperoleh informasi adanya kebakaran petugas langsung cekatan menuju lokasi yang bersebelahan dengan Jalan Tol Palembang-Indralaya.

Tim di lapangan langsung berjibaku melakukan pemadaman dengan mengandalkan penyiraman darat memanfaatkan air dikanal dan tanki.

Tetapi, karena kondisi lahan yang kering ditambah dengan hembusan angin cukup kencang menyebabkan penyiraman darat sulit memadamkan api yang terus meluas.

Hingga akhirnya sekitar pukul 15.00 WIB api mulai terjinakkan usai tiga unit helikopter water bombing BPBD Provinsi melakukan penyiraman air dari udara.

“Setelah ada penyiraman udara kondisi mulai terkendali. Tim memastikan api padam pada malam harinya dengan terus menyirami lahan tersebut," ungkapnya.

Sedangkan, untuk penyebab kebakaran masih didalami oleh otoritas berwenang.

BERITA TERKAIT