test

Hukrim

Selasa, 1 September 2020 15:34 WIB

Bobol Dinding Bangunan, Lima Napi Narkoba Kabur dari Lapas

Editor: Ferro Maulana

Tahanan narkoba kabur dari lapas.. (Foto: Ilustrasi/PMJ NEws/Hdi)

PMJ - Lima narapidana narkoba kabur dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Lahat, Sumatera Selatan. Para napi melarikan diri dengan cara membobol dinding bangunan.

Kelima napi itu antara lain, Yadi Agustian (24) warga Lahat, Apandi (32) warga Empat Lawang, Mapi (30) warga Empat Lawang, Kevin Ragata (36) warga Lahat, dan Sargani (35) warga Empat lawang. Semuanya ditahan karena kasus narkotika.

Kasubag Humas Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumsel, Hamsir Arrohman membenarkan kaburnya napi tersebut. Menurut ia, para napi kabur diketahui, Selasa (1/9/2020) dini hari sekira pukul 01.00 WIB.

"Benar, kami sudah mendapat informasi soal itu. Ada lima tahanan yang kabur dari Lapas Lahat," tuturnya, Selasa (1/9/2020) siang.

Dirinya mengatakan, dinding tempat penahanan napi yang kabur tersebut bersebalahan dengan pasar tradisional. Pihaknya telah menginstruksikan petugas untuk menyelidiki lebih lanjut terkait alat yang digunakan dan dari mana mereka mendapatkannya.

"Barang bukti dan keterangan dari napi dan penjaga lapas dilakukan, kami masih menunggu laporannya," katanya lagi.

Agar pengejaran bisa optimal, dilakukan kerjasama dengan pihak kepolisian dengan membentuk tim khusus. Bila ditemukan unsur kelalaian terlebih terlibat, pihaknya bakal memberikan sanksi tegas bagi petugas.

"Seluruh petugas akan diperiksa, akan diketahui apakah ada unsur kelalaian atau terlibat langsung. Jika ada pasti disanksi," pungkasnya. (Kemenkumham/ Fer).

BERITA TERKAIT