test

News

Selasa, 26 Oktober 2021 14:05 WIB

Wapres Minta Lembaga Penyelenggara Negara Terbuka Terhadap Kritik

Editor: Hadi Ismanto

Wapres Ma'ruf Amin saat acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021. (Foto: PMJ News/YouTube Komisi Informasi Pusat).

PMJ NEWS - Wakil Presiden (Wapres), Ma'ruf Amin meminta agar seluruh lembaga yang berkaitan dengan penyelenggaraan negara harus terbuka terhadap kritik, saran dan masukan dari masyarakat.

Pernyataan tersebut disampaikan Ma'ruf Amin saat acara Penganugerahan Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 secara virtual, Selasa (26/10/2021).

"Semua badan publik juga harus terbuka dengan kritik, saran dan masukan dari masyarakat. Sikapilah kritik dengan santun, baik, beretika dan bernorma, sesuai ketentuan dan adab yang berlaku dalam negara yang demokratis," tegasnya.

Menurut Ma'ruf, seluruh badan publik juga harus menggelorakan semangat keterbukaan dan akuntabilitas informasi. Hal ini untuk membangun kepercayaan masyarakat.

"Itu bertujuan untuk membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat dalam mengukuhkan semangat bernegara dan berkebangsaan yang demokratis," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Wapres juga meminta badan publik harus memanfaatkan perkembangan teknologi komunikasi untuk membuat tata kelola pemerintahan yang bersih dan berkualitas.

"Ini harus dimanfaatkan sebagai peluang bagi badan publik dan pemerintah dalam mendiseminasikan tata kelola pemerintah yang lebih bersih, efektif, transparan, dan akuntabel, serta pelayanan publik yang lebih berkualitas dan terpercaya," tuturnya.

BERITA TERKAIT