Kesehatan

Sabtu, 21 Maret 2020 10:28 WIB

Catat Moms, 5 Makanan Ini Tak Perlu Dicuci Lagi Sebelum Dimasak

Editor: Hadi Ismanto

Aktivitas memasak bisa menjadi alternatif mengisi liburan akhir pekan, tapi perhatikan bahan makanan yang akan diolah moms (Foto: IlustrasiPMJ NEws)

PMJ - Kebanyakan bahan makanan memang perlu dibersihkan sebelum dimasak. Namun beberapa diantaranya ada yang tak perlu dicuci. Bahkan jika dilakukan akan beresiko dapat mendatangkan penyakit.

Seperti dilansir laman Mashed, Sabtu (21/3/2020), berikut beberapa bahan makanan yang tidak perlu dicuci lagi moms.

1. Daging Unggas dan daging mentah

Meski Anda mungkin berpikir mencuci daging ayam mentah atau unggas lainnya membantu membersihkan bakteri dan mencegah penyakit, tapi yang terjadi justru sebaliknya.

Begitu pula untuk daging merah mentah seperti daging sapi, domba, dan babi. Moms lebih baik tak mencucinya dan sebaliknya, cuci dan bersihkan permukaan dapur Anda secara menyeluruh di antara sesi memasak.

2. Salad kemasan

Menurut FDA, kebanyakan salad kemasan telah dicuci sebelumnya sehingga Anda tak perlu mencucinya setelah membelinya. Produk-produk ini biasanya diberi label sebagai siap makan jika sudah dicuci sebelumnya.

Bahkan, mencuci mereka di rumah sebenarnya dapat meningkatkan kemungkinan mencemari salad kemasan tersebut dengan bakteri yang mungkin sudah ada di permukaan dapur. Salad kemasan biasanya telah dicuci tiga kali sehingga bisa langsung disantap.

3. Ikan mentah

Seperti halnya unggas dan daging mentah, hindari mencuci ikan mentah untuk mengurangi risio penyebaran bakteri di sekitar dapur moms. Alih-alih, beli ikan yang telah dibersihkan dari penjual yang memiliki reputasi baik.

Cuci tangan dengan baik dan bersihkan permukaan di area kerja dapur Anda. Tindakan pencegahan sederhana ini adalah taruhan terbaik Anda untuk mencegah penyakit bawaan makanan.

4. Telur

USDA tak merekomendasikan mencuci telur yang beli dari toko. Teknik khusus mencuci telur diperlukan sebagai bagian dari proses komersialisasi. Saat Anda mencucinya di rumah, itu dapat meningkatkan risiko kontaminasi silang.

Telur dicuci dan dibersihkan begitu sudah diletakkan untuk menghilangkan bakteri. Mereka kemudian dilapisi dengan minyak mineral untuk memberi kulit perlindungan. Dengan demikian, Anda tak perlu mencucinya kembali.

5. Jamur

Jika moms mencucinya sebelum dimasukkan ke kulkas, kelembabapan yang tak terhindarkan akan membuat kualitas beberapa jenis jamur memburuk, terlebih bila disimpan dalam wadah tertutup.

Cukup keringkan dengan sikat pastry atau beberapa handuk kertas dan akan siap menambahkannya ke makanan.(Hdi)

BERITA TERKAIT