test

Kesehatan

Senin, 2 November 2020 10:02 WIB

Awas, Tiga Penyakit Ini Kerap Timbul Pasca Liburan

Editor: Hadi Ismanto

Kelelahan sering terjadi seusai berpergian. (Foto: PMJ News/ Ilustrasi/ FIF).

PMJ - Momen libur panjang telah berakhir, sebagian warga Jakarta dan sekitarnya telah kembali dari liburan. Biasanya, seusai berpergian, sejumlah masalah kesehatan akan dirasakan.

Seorang pakar Kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD, mengatakan ada tiga penyakit yang diprediksi akan meningkat pasca-liburan. Berikut penjelasannya.

1. Kelelahan

Kondisi ini sangat wajar terjadi usai melakukan perjalanan yang melelahkan. Penyakit yang bisa menyertai dari kondisi ini adalah infeksi pernapasan atas dan diare.

Sebagaimana diketahui, untuk sampai di tempat liburan, seseorang harus melakukan perjalanan yang melelahkan baik dengan kendaraan sendiri atau kendaraan umum.

Tidak sampai di situ, Anda yang berlibur juga cenderung mengonsumsi makanan yang seadanya, apalagi di era pandemi ini, banyak dari Anda mikir dua kali untuk makan dan minum di tempat umum.

"Keadaan ini akan menyebabkan daya tahan tubuh turun. Jika sudah begini, mudah sekali mengalami penyakit flu atau infeksi saluran napas atas. Nah, soal diare ini bisa terjadi jika mengonsumsi makanan sembarangan," jelasnya dr Ari.

Tidak hanya dua kondisi itu, beberapa orang yang memilih berlibur panjang juga biasanya akan mengalami sakit kepala dan pegal-egal sesampainya di rumah. Ini terjadi karena Anda kurang tidur dalam perjalanan atau liburan.

2. Penyakit kronis sering kambuh

Penyakit kronis bisa kambuh karena jarang sekali rasanya liburan, tapi tidak wisata kuliner. Nah, dari aktivitas wisata kuliner itu, misalnya mengonsumsi makanan dan minuman dengan nilai kalori dan lemak tinggi, ini bisa memengaruhi kesehatan tubuh.

"Kalau Anda penderita diabetes dan tidak mengontrol asupan makanan dan minuman, ya, cenderung gula darahnya menjadi tak terkontrol. Begitu juga pada pasien darah tinggi, nilai kolesterolnya bisa tinggi dan tentunya ini berbahaya," ungkapnya.

Bukan hanya dua penyakit itu, tapi masyarakat yang sudah memiliki penyakit seperti asam urat tinggi, obesitas, maag, akan merasakan efek yang kurang baik usai liburan. Ingat, ini dengan catatan Anda tidak mengontrol pangan yang dikonsumsi selama liburan.

3. Penyakit akibat kecelakaan

Selama perjalanan pergi maupun pulang, potensi terjadinya kecelakaan juga meningkat. Kelelahan, mengantuk, dan kondisi kendaraan yang tidak optimal bisa menjadi faktor terjadinya kecelakaan. Lalu, faktor cuaca yang tak menentu juga bisa jadi penyebab.(Hdi)

BERITA TERKAIT