test

News

Rabu, 15 September 2021 11:20 WIB

Jokowi Lakukan Groundbreaking Pabrik Baterai Kendaraan Listrik di Karawang

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Jokowi melakukan groudbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik. (Foto: PMJ News/Instagram @jokowi).

PMJ NEWS - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan groundbreaking (peletakan batu pertama) pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik di Karawang, Jawa Barat. Hadir dalam acara tersebut Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim hari ini groundbreaking pabrik industri baterai kendaraan listrik PT HKML Battery Indonesia, saya nyatakan dimulai," tutur Jokowi, Rabu (15/9/2021).

Jokowi menjelaskan, pabrik baterai kendaraan listrik ini bukan hanya pertama di Indonesia, tapi juga di Asia Tenggara (ASEAN). Adapun nilai dana yang diinvestasikan untuk pabrik ini sebesar Rp15,6 triliun.

"Kita patut bersyukur hari ini bisa menyaksikan groundbreaking pembangunan pabrik baterai kendaraan listrik pertama di Indonesia. Bahkan pertama di Asia Tenggara dengan nilai investasi USD1,1 miliar (Rp15,6 triliun)," terangnya.

Lebih lanjut Jokowi menyampaikan, pembangunan pabrik ini merupakan wujud keseriusan pemerintah untuk melakukan hilirisasi industri. Menurut dia, pembangunan pabrik ini menjadi terobosan baru.

"Dan kita harus berani mengubah struktur ekonomi yang selama ini berbasis komoditas untuk masuk ke hilirisasi, masuk ke industrialisasi menjadi negara industri yang kuat dengan berbasis pada pengembangan inovasi teknologi,”pungkasnya.

BERITA TERKAIT