test

Kesehatan

Kamis, 12 Agustus 2021 10:35 WIB

Dine-in Dilarang, Ini 5 Tips Aman Makan di Dalam Mobil Saat PPKM

Editor: Hadi Ismanto

Ilustrasi makan di dalam mobil yang menjadi tren saat penerapan PPKM. (Foto: PMJ News/Dok Net)

PMJ NEWS - Sejumlah kebijakan diterapkan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Salah satunya restoran atau rumah makan tidak dapat melayani dine-in atau makan di tempat.

Belakangan ada tren untuk mengakali aturan ini tanpa melanggarnya, yakni dengan memesan makanan dan makan di dalam mobil atau disebut drive-in.

Cara ini jadi win-win solution, karena kamu setidaknya bisa jalan-jalan dan mencicipi makanan kesukaanmu, sementara para pengusaha warung makan, resto, dan cafe, juga bisa mendapatkan penghasilan meskipun sedang ada larangan dine-in.

Seperti dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (12/8/20201), berikut sejumlah hal yang wajib diperhatikan saat makan dalam mobil (drive-in) agar tetap terhindar dari penyebaran virus Covid-19.

1. Mobil Wajib Berhenti
Satu hal yang cukup mendasar dan penting sebelum hendak makan adalah memastikan mobil dalam keadaan berhenti. Jika Anda tengah dalam perjalanan, pilih lokasi parkir yang aman.

Hal ini dilakukan agar tidak adanya konsentrasi yang terpecah pada saat kegiatan itu dilakukan secara bersamaan. Meskipun pengemudi tidak makan, namun aroma makanan yang menusuk hidung bisa saja mengganggu fokus pengemudi memegang kendali.

2. Ketahui Makanan yang Akan Dipesan
Supaya nggak memakan waktu lama di parkiran atau di antrean drive-thru, sebaiknya kamu sudah tahu makanan dan minuman apa yang ingin kamu pesan. Hemat waktu, dan nggak membuat orang lain menunggu.

Kamu bisa browsing menu-menu yang tersedia di sebuah restoran atau kafe yang akan kamu tuju, jadi kamu sudah tahu duluan, nggak perlu kelamaan mikir saat sudah berada di lokasinya.

3. Siapkan Alat Makan Sendiri
Selama pandemi, pasti kamu sudah punya alat makan untuk dibawa bepergian. Kotak atau pouch kecil berisi sendok, garpu, pisau, sumpit, dan sedotan ini sudah ramai dijual sejak awal pandemi.

Jadi lebih higienis kalau kamu pakai alat makan sendiri! Nah, kamu bisa bawa nih saat makan di mobil selama pandemi. Setelah sampai di rumah lagi, jangan lupa dibawa turun dan langsung dibersihkan

4. Bawa Meja Lipat Kecil
Meja lipat kecil ternyata bisa sangat berguna di masa seperti ini! Kalau biasanya dipakai untuk anak-anak belajar di rumah, atau untuk breakfast on bed, sekarang ini kamu bisa bawa meja lipat kecil, supaya kamu bisa lebih nyaman saat ke resto dan makan di mobil.

Kalau pakai meja, kamu nggak akan bingung meletakkan makanan dan minuman, bahkan pernak-pernik lainnya seperti kerupuk, sambal, kecap, dan sebagainya. Jadi nggak gampang tumpah atau mengotori dashboard mobil kamu.

5. Sediakan Masker, Tisu, Hand Sanitizer
Meskipun kamu di mobil saja, hanya turun saat memesan makanan atau take away, atau bahkan nggak turun dari mobil sama sekali karena hanya drive-thru, kamu tetap wajib bawa masker.

Sebaiknya sediakan juga hand sanitizer, tisu kering, dan tisu basah. Pakai hand sanitizer sebelum mulai makan, atau setelah memegang uang dan kartu ATM.

BERITA TERKAIT