test

News

Senin, 12 Juli 2021 14:35 WIB

Sentra PMI di Berbagai Daerah Siap Vaksinasi 1.000 Orang Per Hari

Editor: Ferro Maulana

Sekjen PMI Pusat, Sudirman Said. (Foto: PMI)

PMJ NEWS - Palang Merah Indonesia (PMI) siap menggelar vaksinasi Covid-19 untuk mendukung program pemerintah dalam penanggulangan pandemi.

Rencananya, sentra vaksinasi PMI bakal digelar di berbagai daerah serta berkolaborasi dengan berbagai pihak.

"PMI terus  membantu pemerintah dan masyarakat mempercepat vaksinasi. Tujuannya agar pandemi Covid-19 segera selesai," tutur Sekjen PMI Pusat, Sudirman Said dalam siaran persnya.

“Pekan lalu kami memulai memanfaatkan markas PMI Pusat sebagai tempat vaksinasi.  Alhamdulillah sambutan masyarakat cukup baik. Dan prosesnya berjalan baik dengan menjaga ketat prokes," tutur Sudirman Said.

Dia melanjutkan, PMI Pusat menjadi pilot project di kegiatan ini dan akan berlangsung sepuluh hari ke depan.

Pihaknya juga sedang melakukan assessment kapasitas markas-markas lain di Jawa dan Bali untuk melakukan hal yang sama.

Berkenaan berapa target masyarakat yang tervaksin melalui program sentra vaksinasi PMI ini, Sudirman Said menegaskan saat ini mulai dengan 1.000 vaksinasi per hari.

"Nanti akan kami evaluasi. Yang penting sistem terbangun dan tinggal menggandakan sesuai dengan kesiapan sarana dan sumber daya manusia. Peran relawan dan tenaga kesehatan,” jelasnya.

Agar kegiatan vaksin tidak mengganggu kegiatan PMI yang rutin seperti donor darah, Sudirman Said menyatakan sebisa mungkin vaksinasi tidak dilakukan di Unit-Unit Donor Darah (UUD). 

Menurutnya, UUD sudah fokus untuk melayani donor darah dan plasma bagi masyarakat yang membutuhkan.

BERITA TERKAIT