News

Selasa, 17 November 2020 10:33 WIB

Jokowi Siap Jadi Orang Pertama yang Disuntik Vaksin Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Presiden Republik Indoensia, Joko Widodo. (Foto: PMJ/Instagram @jokowi).

PMJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyatakan kesiapannya menjadi orang pertama yang disuntik vaksin Covid-19. Namun, Kepala Negara masih menunggu keputusan resmi dari tim kesehatan terkait siapa yang akan menerima vaksin pertama.

Ia mengatakan jika tim kesehatan meminta presiden menjadi penerima vaksin Covid-19 pertama sebelum masyarakat, maka dirinya mengaku tak akan menolak.

"Ya kalau saya, kalau diputuskan yang pertama disuntik presiden, ya saya siap," ujar Jokowi dalam sesi wawancara bersama Rosiana Silalahi di Kompas TV, Selasa (17/10/2020).

Namun, Jokowi mengingatkan masyarakat agar tidak berpikiran negatf jika dirinya diminta menjadi penerima vaksin pertama. Menurutnya, siapapun penerimanya merupakan keputusan resmi dari tim kesehatan.

"Ya kalau saya ditentukan tim bahwa presiden yang pertama (divaksin) saya siap. Tapi jangan sampai nanti 'lho enak sekali presiden yang pertama harusnya rakyat dulu'," tuturnya.

Jokowi menjelaskan, untuk saat ini telah ada daftar prioritas penerima vaksin yang diprediksi baru tiba di Indonesia akhir November ini. Sejumlah bidang profesi, lanjut dia, akan didahulukan menerima vaksin demi kesehatan mereka saat bekerja di lapangan.

"Yang pertama disuntik nanti adalah Tenakes, para dokter, para perawat itu didahulukan, TNI-Polri, pelayan publik, ASN di tempat pelayanan pada masyarakat didahulukan, guru juga sama didahulukan kita sudah punya list kok list-nya siapa-siapa nanti minggu depan simulasi," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT