test

News

Kamis, 5 November 2020 12:07 WIB

Airlangga: Bahan Baku dan Vaksin Covid-19 Tiba di Indonesia Desember

Editor: Hadi Ismanto

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto berikan keterangan (Foto: PMJ News/Setpres)

PMJ - Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan perkembangan pengadaan vaksin Covid-19. Menurut dia, bahan baku dan vaksin Covid-19 akan tiba di Indonesia pada Desember 2020.

Pernyataan tersebut disampaikan Airlangga dalam sebuah acara diskusi bertajuk 'Transformasi Ekonomi: Momentum Menuju Indonesia Maju dan unggul' yang diadakan di Universitas Islam Bandung (Unisba), Kamis (5/11/2020).

"Diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama, di bulan Desember ada bahan baku vaksin dan vaksin yang masuk ke Indonesia," ujar Airlangga.

Airlangga menjelaskan, pemerintah tengah menyiapkan berbagai instrumen agar Indonesia bisa segera memproduksi vaksin. Salah satunya dengan membuat payung hukum yang akan menjadi peta jalan pengadaan vaksin.

Payung hukum yang dimaksud, yaitu Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 99. Dalam hal ini, Airlangga meminta BPOM bisa membuat kesimpulan atau analisa hasil dari uji coba yang sedang berlangsung di Bandung.

"Tentunya diharapkan BPOM bisa me-resume ataupun menganalisa hasil dari clinical trial yang dilakukan di Bandung," kata Airlangga.

Untuk hasil uji vaksin sendiri, Airlangga mengatakan juga tengah didorong agar selesai lebih cepat dalam waktu dekat. Nantinya, hasil tersebut juga akan diteliti dengan perbandingan vaksin yang dari negara lain.

"Diharapkan Minggu pertama bulan Desember sudah ada interim result dan intergrasikan dengan result negara lain," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT