News

Senin, 26 Oktober 2020 17:32 WIB

Jokowi Ingatkan Soal Keamanan dan Efektivitas Vaksin Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Presiden RI, Joko Widodo. (Foto: PMJ/Twitter @jokowi).

PMJ - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan kepada jajarannya untuk lebih memperhatikan keamanan dan efektivitas pengadaaan vaksin Covid-19 dan pelaksanaan vaksinasi. Dia meminta agar pengadaan vaksin dilakukan dengan hati-hati dan tidak tergesa-gesa.

Hal tersebut disampaikan Kepala Negara saat membuka rapat terbatas Rencana Pengadaan dan Pelaksanaan Vaksinasi di Istana Merdeka, Senin (26/10/2020).

"Keamanan itu artinya kalau disuntik itu betul-betul memang sudah melalui sebuah tahapan-tahapan uji klinis yang benar. Karena kalau tidak, ada satu saja yang bermasalah nanti bisa akan menjadikan ketidakpercayaan masyarakat terhadap upaya vaksinasi ini," tegas Jokowi.

Jokowi menilai aspek keamanan dan efektivitas dari vaksin saat ini menjadi perhatian utama masyarakat, terutama para pakar dan juga peneliti. Karena itu, presiden ingin agar vaksin Covid-19 melalui tahapan yang sesuai dengan kaidah ilmiah.

"Karena itu semua tahapan sekali lagi harus melalui kaidah-kaidah scientific, kaidah-kaidah ilmu pengetahuan berdasarkan data science dan juga standar-standar kesehatan," tuturnya.

Kendati begitu, Jokowi mengakui keinginan vaksinasi dipercepat tetap ada. Tapi gerak cepat tersebut harus dilakukan dengan perencanaan dan persiapan yang matang.

Presiden menjelaskan, kecepatan dalam upaya vaksinasi Covid-19 perlu dilakukan karena saat ini seluruh negara di dunia tengah berlomba-lomba mendapatkan vaksin. Vaksin Covid-19 diharapkan dapat mempercepat pemulihan kesehatan masyarakat serta pemulihan kondisi ekonomi.

"Meskipun kita ingin dipercepat, tapi sekali lagi hal-hal tadi jangan sampai dilupakan," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT