test

Kesehatan

Selasa, 22 Juni 2021 10:05 WIB

Hindari, Empat Lokasi Ini Beresiko Penyebaran Covid-19

Editor: Hadi Ismanto

Pemprov DKI Jakarta izinkan restoran atau tempat makan bukan hingga pukul 12 malam. (Foto: PMJ News/Ilustrasi/Hadi).

PMJ NEWS - Dalam beberapa waktu terakhit, angka penularan Covid-19 di Indonesia masih tergolong masif. Karenanya, warga diminta untuk tetap menjaga jarak dan mengurangi kegiatan di luar rumah.

Kepala Penasihat Medis Gedung Putih, Dr Anthony Fauci mengungkapkan setidaknya ada empat tempat yang masih dihindari selama pandemi Covid-19. Pasalnya sejumlah lokasi tersebut beresiko penularan virus Corona meskipun sudah divaksin.

Seperti diketahui, vaksin Covid-19 dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 tersebut. Namun, seperti vaksin-vaksin lainnya, perlindungan yang diberikan oleh vaksin Covid-19 tidaklah 100 persen.

Seperti dilansir laman BestLife, Selasa (22/6/2021), berikut empat tempat yang dinilai Dr Fauci memiliki risiko penularan Covid-19 tinggi, termasuk untuk individu yang sudah mendapatkan vaksinasi lengkap, s.

1. Restoran
Saat ini, ada cukup banyak restoran yang sudah kembali membuka layanan makan di tempat. Meski begitu, Dr Fauci memilih untuk menahan diri dan menghindari makan di restoran.

Dia mendukung restoran lokal dengan membeli makan untuk dibawa pulang dan disantap di rumah. "Saya masih menghindari makan di restoran, beli untuk dibawa pulang saja," ungkap Dr Fauci.

2. Kabin Pesawat
Setelah satu tahun terkungkung di rumah akibat pandemi Covid-19, banyak orang yang rindu untuk bisa berpergian dan melihat cerahnya langit biru dari dalam pesawat.

Dr Fauci mengatakan, dia memiliki beberapa alasan untuk menghindari terbang dengan pesawat. Salah satunya adalah dia merupakan lansia berusia 80 tahun yang tergolong sebagai kelompok berisiko.

3. Ruang Tertutup
Orang yang sudah divaksinasi cenderung merasa punya perlindungan hingga lebih kendor dalam melaksanakan protokol kesehatan, terutama berkumpul dengan orang lain di ruangan tertutup.

Dia menerapkan peraturan kunjungan yang ketat di rumahnya. Dr Fauci hanya mengizinkan tamu masuk ke dalam rumahnya bila tamu tersebut sudah divaksinasi lengkap atau sudah menjalani tes Covid-19 sebelumnya.

4. Supermarket
Aktivitas belanja kebutuhan pokok tak bisa dihindari selama pandemi Covid-19. Akan tetapi, Dr Fauci menilai, penting untuk menghindari berbelanja di supermarket atau swalayan pada jam-jam ramai pengunjung.

Dr Fauci biasanya memilih untuk berbelanja di pagi hari karena cenderung lebih sepi pengunjung. Sangat disarankan pula untuk membatasi jam berbelanja dan menggunakan masker yang pas dengan bentuk wajah selama berbelanja.

BERITA TERKAIT