test

Olahraga

Senin, 18 November 2019 07:07 WIB

Ini Alasan Berolahraga Sangat Penting Bagi Lansia!

Editor: Ferro Maulana

Lansia sedang berolahraga. (Foto: Dok Net).

PMJ – Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan di dalam jurnal European Heart dari Oxford Academic menyebutkan bahwa olahraga untuk orang dengan umur lanjut usia (lansia) sangat penting karena dapat mengurangi penyakit dan serangan jantung.

Menjadi lansia atau mencapai umur 60 tahun ternyata tidak boleh menjadi alasan berhenti berolahraga, menurut tim peneliti Korea yang menulis studi tersebut.

Kyuwoong Kim dari Seoul National University dan timnya meneliti lebih dari 1 juta laki-laki dan perempuan yang berumur 60 tahun lebih, dan menemukan bahwa olahraga rutin dapat mengurangi 11% resiko penyakit jantung.

Apabila lansia tidak berolahraga sama sekali, angka resiko pun bahkan semakin meningkat, dengan mencapai peningkatan resiko penyakit jantung hingga 27 persen tingginya.

"Kami tidak terkejut dengan temuan kami karena kami mengharapkan manfaat kesehatan kardiovaskular dari olahraga di antara orang dewasa yang lebih tua," kata Kyuwoong Kim seperti dilansir di Healthline.

Kim juga menjelaskan, data yang ia miliki sekarang kini terbatas karena para lansia di data yang ia miliki dapat berganti rutinitas olahraganya. Namun ia juga menegaskan, rutinitas olahraga bukan hanya penting untuk remaja dan dewasa, tapi juga untuk para lansia. (DEW/ FER)

BERITA TERKAIT