logo-pmjnews.com

test

News

Jumat, 9 April 2021 14:25 WIB

Dihadiri Ormas Islam dan 29 Dubes, Kemenag Gelar Sidang Isbat 12 April

Editor: Ferro Maulana

Ilustrasi. Sidang isbat dalam menentukan awal bulan Syawal.(Foto: Dok Net)
Ilustrasi. Sidang isbat dalam menentukan awal bulan Syawal.(Foto: Dok Net)

PMJ NEWS - Kementerian Agama siap menggelar sidang isbat untuk menentukan awal Ramadhan 1442 H. Sidang Isbat rencananya akan dilakukan pada Senin (12/4/2021) mendatang di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jalan MH Thamrin, Jakarta.

"Sidang Isbat awal Ramadhan dilaksanakan 12 April, bertepatan 29 Sya’ban 1442 H," terang Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin di Jakarta, Kamis (8/4/2021).

Kamaruddin mengungkapkan, karena Isbat masih dalam suasana pandemi Covid-19, maka kegiatan akan dilaksanakan secara daring dan dan luar jaringan (luring).

Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin. (Foto: PMJ News/YouTube BNPB).
Dirjen Bimas Islam Kemenag, Kamaruddin Amin. (Foto: PMJ News/YouTube BNPB).

Dirinya juga memastikan sidang akan menghadirkan Komisi VIII DPR, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), dan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG),

Selain itu, juga hadir Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, pakar falak dari ormas-ormas Islam, pejabat eselon I dan II serta Tim Hisab dan Rukyat Kemenag.

Masih dari penuturannya, sejumlah ormas Islam yang akan hadir di Kantor Kemenag. Di antaranya, Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Persis dan Al Washliyah. Kemudian, juga ada ormas Islam yang akan mengikuti proses sidang ini secara daring.

"Ada 29 duta besar negara sahabat yang diundang. Kami berharap ada di antara mereka yang bisa hadir secara langsung dalam proses sidang," pungkasnya.

BERITA TERKAIT