test

News

Rabu, 3 Februari 2021 13:50 WIB

Polisi Tangkap Pendiri Pasar Muamalah, Ini Dua Pasal yang Disangkakan

Editor: Hadi Ismanto

Pasar Muamalah di Depok yang menggunakan transaksi dengan Dinar dan Dirham. (Foto: PMJ News/Instagram).

PMJ NEWS - Bareskrim Polri menangkap pendiri Pasar Muamalah, Zaim Saidi. Pasar ini berlokasi di wilayah Tanah Baru, Depok, Jawa Barat. Pasar ini sebelumnya sempat viral di media sosial, karena transaksi jual-beli menggunakan mata uang dinar dan dirham.

"Benar (ditangkap) semalam," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Rusdi Hartono saat dikonfirmasi, Rabu (3/2/2021).

Ia menambahkan penangkapan terhadap Zain Saidi tersebut kini ditangani oleh penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri.

Berdasarkan penelusuran informasi, Zaim Saidi disangkakan dengan Pasal 9 UU No 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana. Adapun bunyi kutipan pasal tersebut:

"Barang siapa membikin benda semacam mata uang atau uang kertas dengan maksud untuk menjalankannya atau menyuruh menjalankannya sebagai alat pembayaran yang sah, dihukum dengan hukuman penjara setinggi-tingginya lima belas tahun."

Selain itu, pendiri Pasar Muamalah Depok tersebut juga dapat dikenakan Pasal 33 UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang. Pasal tersebut mengatur penggunaan mata uang asing dalam sebuah transaksi pembayaran.

Diberitakan sebelumnya, sebuah pasar di wilayah Depok yang disebut Pasar Muamalah sontak menjadi sorotan publik. Pasalnya, transaksi jual beli yang diterapkan bukan dengan menggunakan uang Rupiah, melainkan Dinar dan Dirham.

Pasar Muamalah yang berada di Kelurahan Tahan Baru, Kecamatan Beji ini sudah ada sejak lama. Pasar dibuka dua minggu sekali, mulai pukul 7 pagi hingga pukul 11 siang.

Selain dengan mata uang Dinar dan Dirham, pasar ini juga menerapkan sistem syariat Islam dalam bertransaksi. Dimana jika pembeli tidak memiliki uang, maka bisa melakukan pertukaran barang atau barter.

BERITA TERKAIT