test

News

Senin, 21 Desember 2020 13:05 WIB

Kemenlu: Kedubes Jerman Minta Maaf Soal Staf Diplomatik Sambangi FPI

Editor: Hadi Ismanto

Kantor Kementerian Luar Negeri RI. (Foto: PMJ News/Istimewa).

PMJ NEWS - Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) mengungkapkan Kedutaan Besar (Kedubes) Republik Federal Jerman telah menyampaikan permintaan maaf dan menyesali kejadian salah satu staf diplomatiknya mendatangi markas FPI di Petamburan, Jakarta.

"Atas kejadian ini, Kepala Perwakilan Kedubes Jerman sampaikan permintaan maaf dan penyesalannya atas kejadian tersebut," tulis pernyataan Kemlu di laman resminya, Senin (21/12/2020).

"Kedubes Jerman menyampaikan bahwa staf diplomatik tersebut telah diminta kembali segera untuk mempertanggungjawabkan tindakannya dan memberikan klarifikasi kepada pemerintahnya," sambung pernyataan tersebut.

Kemlu juga menyatakan terkait kedatangan staf diplomatik Jerman diklarifilkasi oleh Kedubes Jerman. Kedubes Jerman menyampaikan kepada Kemlu bahwa kedatangan staf diplomatik ke markas FPI bukanlah sikap resmi pemerintah Jerman.

"Kepala Perwakilan Kedubes Jerman juga menyangkal isi berbagai pernyataan yang disampaikan salah satu pimpinan ormas dimaksud. Kepala Perwakilan Kedubes Jerman memastikan bahwa insiden tersebut tidak mencerminkan kebijakan pemerintah dan Kedutaan Besar Jerman serta menolak tegas kesan bahwa kedatangan staf Kedutaan tersebut sebagai bentuk dukungan Jerman kepada organisasi tersebut," papar keterangan Kemlu.

"Kedutaan Jerman juga secara tegas menyampaikan dukungan dan komitmen Pemerintah Jerman untuk melanjutkan kerjasama bilateral dengan Indonesia untuk melawan intoleransi, radikalisme, dan ujaran kebencian," imbuhnya.

Untuk meluruskan soal staf diplomatiknya ke markas FPI, Kedubes Jerman dituntut memberikan pernyataan resmi ke masyarakat.

"Kementerian Luar Negeri menuntut agar Kedutaan Besar Jerman memberikan pernyataan resmi kepada publik sebagaimana yang dijelaskan kepada Kementerian Luar Negeri," tukasnya.

BERITA TERKAIT