test

Suara Pemilu

Selasa, 28 Januari 2020 15:58 WIB

PKB Siapkan Calon Wawali Pendamping Machfud di Pilkada Surabaya 2020

Editor: Ferro Maulana

Pilkada Kota Surabaya 2020 (Foto: Ilustrasi/Dok Net)

PMJ - Mantan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin sudah dipastikan akan maju dalam Pemilihan Wali Kota Surabaya 2020. Sejauh ini, Machfud telah didukung lima partai diantaranya PDI Perjuangan, PKB, Gerindra, Demokrat, PAN dan PPP.

Sebagai partai peraih suara terbanyak kedua di Pileg Surabaya 2019, Wakil Ketua DPW PKB Jatim Anik Maslachah menyebut partainya telah menyiapkan nama yang akan mendampingi Machfud di Pilkada Kota Surabaya 2020.

Kendati begitu, Anick mengatakan bahwa calon wakil wali kota Surabaya yang akan mendampingi Machfud tentu harus berdasarkan kesepakatan partai pengusung koalisi.

"Lazimnya PKB mempunyai peluang yang lebih besar. PKB urutan kedua suara setelah PDI Perjuangan di Surabaya. Tapi tentu harus ada kata sepakat dengan empat partai pengusung lainnya," ungkap Anick saat dikonfirmasi awak media, Selasa (28/1/2020).

Menurut Anik, PKB telah menyiapkan beberapa nama untuk mendampingi Machfud di Pilwalkot Surabaya 2020. Nama-nama tersebut dalam waktu dekat akan disodorkan ke koalisi partai. Namun, dirinya belum mau memberikan bocoran nama dimaksud.

"Saya tidak ingin mengatakan dulu siapa, dan berapa nama. Intinya siap," tandasnya.

Anik memastikan, semua nama yang akan disodorkan PKB merupakan kader internalnya. PKB ingin mengedepankan kadernya terlebih dahulu untuk diusulkan ke Machfud.

"Ada beberapa namalah kami upayakan dari internal. Tapi ya itu tadi harus disepakati partai pengusung," tukasnya.(Hdi)

BERITA TERKAIT